Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulHUBUNGAN ANTARA DUKUNGAN SOSIAL TEMAN SEBAYA DENGAN KEMAMPUAN MENGATASI KESULITAN BELAJAR SISWA DI SMK NEGERI 3 PALU
Nama: WINDY PRECILIYA POLUAN
Tahun: 2022
Abstrak
Windy Preciliya Poluan. 2022. Hubungan Antara Dukungan Sosial Teman Sebaya dengan Kemampuan Mengatasi Kesulitan Belajar. Skripsi, Program Studi Bimbingan Dan Konseling, Jurusan Ilmu Pendidikan, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Tadulako. Pembimbing Azam Arifyadi. Permasalahan dalam penelitian ini untuk mengetahui bagaimana dukungan sosial teman sebaya dengan kemampuan mengatasi kesulitan belajar siswa. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan dukungan sosial teman sebaya dengan kemampuan mengatasi kesulitan belajar siswa. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 110 siswa. Alat pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu angket dukungan sosial teman sebaya dengan kemampuan mengatasi kesulitan belajar. Hasil analisis deskriptif dukungan sosial teman sebaya terdapat 0,91% siswa menunjukkan dukungan sosial teman sebaya yang sangat baik, 18,18% siswa menunjukkan dukungan sosial teman sebaya yang baik, 46,37% siswa menunjukkan dukungan sosial teman sebaya yang kurang baik, dan 34,54% siswa menunjukkan dukungan sosial teman sebaya yang sangat kurang baik. Selanjutnya hasil analisis kemampuan mengatasi kesulitan belajar terdapat 0,91% siswa yang kemampuan mengatasi kesulitan belajar sangat tinggi, 25,45% siswa yang memiliki kemampuan mengatasi kesulitan belajar tinggi, 52,73% siswa yang memiliki kemampuan mengatasi kesulitan belajar rendah, dan 20,91% siswa yang memiliki kemampuan mengatasi kesulitan belajar sangat rendah. Hasil analisis inferensial menunjukkan bahwa rhitung > rtabel atau 0,220 > 0,176 maka H0 ditolak. Hal ini menunjukkan bahwa ada hubungan antara dukungan sosial teman sebaya dengan kemampuan mengatasi kesulitan belajar. Kata Kunci : dukungan sosial teman sebaya, kemampuan mengatasi kesulitan belajar

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up