Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulPENGARUH LAYANAN INFORMASI DAMPAK NEGATIF PENGGUNAAN SMARTPHONE DIKELAS TERHADAP PENINGKATKAN KONSENTRASI BELAJAR BAGI SISWA KELAS VIII A DISMP NEGERI 10 PALU
Nama: DENI DHARMA PRATAMA
Tahun: 2020
Abstrak
ABSTRAK Deni Dharma Pratama, 2020. Pengaruh Layanan Informasi Dampak Negatif Penggunaan Smartphone di kelas terhadap peningkatkan Konsentrasi belajar Bagi Siswa Kelas VIII A Di SMP Negeri 10 Palu, Skripsi, Program Studi Bimbingan dan Konseling, Jurusan Ilmu Pendidikan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako, Pembimbing Azam Arifyadi. Permasalah dalam penelitian ini adalah Bagaimana tingkat konsentrasi belajar siswa dikelas VIII A SMP Negeri 10 Palu sebelum dan sesudah diberikan layanan informasi dampak negatif penggunaan Smartphone dan apakah ada pengaruh pemberian layanan informasi dampak negatif penggunaan Smartphone di kelas untuk menigkatkan konsentrasi belajar siswa kelas VIII A SMP Negeri 10 Palu. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan tingkat konsentrasi belajar siswa kelas VIII A SMP Negeri 10 Palu sebelum dan sesudah diberikan layanan informasi dampak negatif penggunaan Smartphone dikelas dan menjelaskan pengaruh pemberian layanan informasi dampak negatif penggunaan Smartphone dikelas untuk menigkatkan konsentrasi belajar siswa kelas VIII A SMP Negeri 10 Palu. Subjek dalam penelitian ini adalah 30 siswa. instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket kosentrasi belajar. Data yang diperoleh dalam penelitian ini dianalisis secara deskriftif. Untuk menguji hipotesis digunakan teknik statistik yaitu uji t (satu ekor) pada tarap signifikan 95 %. Hasil analisis deskriftif menunjukkan tidak ada siswa sangat tinggi, tidak ada siswa klasifikasi berada di tinggi, ada 13 atau 43,3% siswa berada di klasifikasi sedang, ada 13 atau 43,3% siswa berada di klasifikasi rendah, ada 4 atau 13,3% siswa yang berada di klasifikasi sangat rendah. Setelah diberikan layanan layanan informasi dampak negatif penggunaan smartphone dari 30 siswa yang menjadi responden, tidak ada siswa yang berada pada klasifikasi penggunaan smartphone sangat tinggi , ada 4 atau 13,3 % siswa yang berada pada klasifikasi penggunaan smartphone tinggi, ada 20 atau 66,6% siswa yang berada pada klasifikasi penggunaan smartphone yang sedang, ada 6 atau 20% siswa yang berada pada klasifikasi pengguaan smartphone rendah, tidak ada siswa yang berada pada klasifikasi penggunaan smartphone sangat rendah. Hasil analisis inferensial menunjukkan bahwa ada pengaruh pemberian layanan informasi dampak negatif penggunan smartphone terhadap konsentrasi belajar siswa. Kata Kunci:Layanan Informasi, Penggunaan Smartphone , Konsentrasi Belajar

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up