JudulHubungan Antara Intensitas Menonton Tayangan Drama Korea Dengan Perilaku Imitasi Pada Siswa Kelas X Dan XI Di SMA Negeri 1 Sigi |
Nama: VIKA ARUNI |
Tahun: 2020 |
Abstrak ABSTRAK Vika Aruni, 2020. Hubungan Antara Intensitas Menonton Tayangan Drama Korea Dengan Perilaku Imitasi Pada Siswa Kelas X Dan XI Di SMA Negeri 1 Sigi. SKRIPSI. Program Studi Bimbingan Dan Konseling. Jurusan Ilmu Pendidikan. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Tadulako. Pembimbing Azam Arifyadi. Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana intensitas menonton tayangan drama Korea dan perilaku imitasi pada siswa, serta apakah ada hubungan positif intensitas menonton tayangan drama Korea dengan perilaku imitasi pada siswa kelas X dan XI di SMA Negeri 1 Sigi. Tujuan penelitian ini untuk mengidentifikasi intensitas menonton tayangan drama Korea siswa Kelas X dan XI di SMA Negeri 1 Sigi. Sampel yang diambil sebanyak 105 siswa-siswi. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket digunakan untuk mengumpulkan data mengenai intensitas menonton tayangan drama Korea dan perilaku imitasi dan melakukan wawancara terhadap siswa-siswi untuk memperoleh keterangan dari tujuan penelitian dengan melakukan tanya jawab kepada siswa-siswi. Data yang diperoleh dari penelitian ini dianalisis dengan teknik persentase, dan teknik korelasi produck moment pada taraf signifikansi 95 % (? = 0.05). Berdasarkan hasil analisis deskriptif intensitas menonton tayangan drama Korea diperoleh bahwa terdapat 20 % siswa memiliki intensitas menonton tayangan drama Korea yang sangat sering, 62,86 % siswa memiliki intensitas menonton tayangan drama Korea yang sering, 17,14 % siswa memiliki intensitas menonton tayangan drama Korea yang jarang, dan tidak ada siswa menonton tayangan drama Korea yang sangat jarang. Selanjutnya hasil analisis deskriptif perilaku imitasi tidak ada siswa memiliki perilaku imitasi yang sangat tinggi, 73,3 % siswa memiliki perilaku imitasi yang tinggi, 26,7 % siswa memiliki perilaku imitasi yang rendah, dan tidak ada siswa memiliki perilaku imitasi yang sangat rendah. Berdasarkan hasil analisis inferensial menunjukan bahwa ada hubungan positif antara intensitas menonton tayangan drama Korea dengan perilaku imitasi pada siswa. Kata kunci : Intensitas Menonton Tayangan Drama Korea, Perilaku Imitasi. |