Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulEFEKTIVITAS KONSELING KELOMPOK DENGAN TEKNIK ASSERTIVE TRAINING DALAM MENGURANGI PERILAKU INTROVERT PADA SISWA SMP NEGERI 8 PALU
Nama: Nanda Arumpone
Tahun: 2019
Abstrak
ABSTRAK Nanda Arumpone,2019. Efektifitas Konseling Kelompok dengan Teknik Assertive Training dalam Mengurangi Perilaku Introvert pada Siswa SMP Negeri 8 Palu. Skripsi, Program Studi Bimbingan dan Konseling, Jurusan Ilmu Pendidikan, Falkutas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Tadulako, Pembimbing Ridwan Syahran. Kata Kunci : Assertive Training, Perilaku Introvert Permasalahan Utama dalam penelitian ini adalah Menjelasakan efektivitas konseling kelompok assertive training dalam mengurangi perilaku introvert siswa. Subjek dalam penelitian ini adalah 6 orang siswa. Instrument yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket perilaku introvert siswa. Data penelitian dianalisis dengan analisis deskritif dan analisis inferensial dengan menggunakan rumus wilcoxon sign rank test.Hasil analisis deskritif menunjukan bahwa sebelum mengikuti konseling kelompok teknik assertive training, siswa FN memiliki perilaku introvert yang tinggi, siswa MN, AR, EN, NR dan HN memiliki perilaku introvert yang sangat tinggi dan siswa FN sedang. Sesudah mengikuti layanan konseling kelompok teknik assertive training, terjadi penurunan perilaku introvert yaitu siswa HN, MN dan En memiliki perilaku introvert yang tinggi, siswa FN memiliki perilaku sedang, siswa NR memiliki perilaku introvert sangat tinggi. Hasil analisis inferensial menunjukan bahwa perilaku introvert siswa di SMP Negeri 8 Palu sesudah mengikuti layanan konseling kelompok teknik assertive training lebih rendah dibandingkan sebelum mengikuti layanan konseling kelompok teknik assertive training.

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up