JudulLAYANAN INFORMASI PENGARUH POSITIF INTERAKSI TEMAN SEBAYA TERHADAP PENYESUAIAN SOSIAL SISWA DI SMA NEGERI 6 PALU |
Nama: MUHAIMINUL CHANNAN |
Tahun: 2021 |
Abstrak ABSTRAK Muhaiminul Channan, 2020. Layanan informasi pengaruh positif interaksi teman sebaya terhadap penyesuaian sosial siswa SMA Negeri 6 Palu. SKRIPSI. Program Studi Bimbingan dan Konseling. Jurusan Ilmu Pendidikan. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Tadulako. Pembimbing. Munifah. Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana penyesuaian sosial siswa sebelum dan sesudah diberikan layanan informasi pengaruh positif interaksi teman sebaya dalam lingkungan sekolah serta apakah ada pengaruh positif layanan informasi tersebut. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui tingkat penyesuaian sosial siswa sebelum dan sesudah diberikan layanan informasi pengaruh positif interaksi teman sebaya dan mengetahui pengaruh positif layanan informasi tersebut. Subjek dalam penelitian ini berjumlah 32 siswa. Adapun alat pengumpul data yang digunakan adalah angket penyesuaian sosial. Data yang diperoleh dari penelitian ini dianalisis dengan teknik persentase, dan teknik korelasi product moment pada taraf signifikansi 95% (? = 0,05), ada 7 atau 21,87 % siswa yang memiliki penyesuaian sosial sangat tinggi, ada 19 atau 59,38 % siswa yang memiliki penyesuaian sosial tinggi, dan ada 6 atau 18,75 % siswa yang memiliki penyesuaian sosial rendah, dan ada 0 atau tidak ada siswa yang memiliki penyesuaian sosial sangat rendah. Hasil analisis deskriptif penyesuaian sosial siswa sebelum diberikan layanan informasi terdiri dari Hasil analisis inferensial nilai thitung ? ttabel atau 4,68 ? 1,70 (H_o = ditolak) menunjukan bahwa ada pengaruh positif pemberian layanan informasi pengaruh positif interaksi teman sebaya terhadap penyesuaian sosial siswa SMA Negeri 6 Palu. Kata kunci : Layanan Informasi, Interaksi Teman Sebaya, Penyesuaian Sosial |