JudulPENGARUH LAYANAN INFORMASI TERHADAP KEMANDIRIAN SISWA BERKONSULTASI |
Nama: ASMAUL HUSNA |
Tahun: 2023 |
Abstrak ABSTRAK Asmaul Husna, 2022. Pengaruh Layanan Informasi Terhadap Kemandirian Siswa Berkonsultasi. Skripsi, Program Studi Bimbingan dan Konseling, Jurusan Ilmu Pendidikan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing Munifah. Tujuan penelitian ini adalah menjelaskan pengaruh layanan informasi terhadap kemandirian siswa berkonsultasi sebelum dan sesudah diberikan layanan informasi. Subjek penelitian ini berjumlah 28 siswa. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data penelitian ini adalah angket kemandirian siswa berkonsultasi. Data yang terkumpul selanjutnya diolah dan dianalisis secara deskriptif dan inferensial. Pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan teknik statistik yaitu uji-t (satu ekor) pada taraf kepercayaan 95% (? = 0,05). Hasil analisis deskriptif menunjukkan bahwa kemandirian siswa berkonsultasi sebelum diberikan layanan informasi ada 57,14% siswa memiliki kemandirian berkonsultasi rendah dan 42,85% siswa yang sangat rendah. sesudah diberi layanan informasi ada 21,42% siswa yang memiliki kemandirian berkonsultasi tinggi, ada 67,85% siswa yang rendah dan 10,71% siswa yang sangat rendah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai thitung =6,50 ? nilai ttabel =1,70, maka H0 (hipotesis nol) ditolak artinya ada pengaruh layanan informasi terhadap kemadirian siswa berkonsultasi di kelas IPS SMA Negeri 5 Palu. Kata Kunci : Layanan Informasi, Kemandirian Berkonsultasi |