JudulPENGARUH LAYANAN INFORMASI DAMPAK PROKRASTINASI AKADEMIK TERHADAP PENGURANGAN PROKRASTINASI SISWA KELAS VIII B SMP NEGERI 7 PALU |
Nama: Desi Fitriani |
Tahun: 2019 |
Abstrak Permasalahan dalam penelitian ini adalah apakah ada pengaruh positif layanan informasi dampak prokrastinasi akademik terhadap pengurangan prokrastinasi akademik siswa sebelum dan sesduah diberikan layanan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi dan menjelaskan pengaruh layanan informasi dampak prokrastinasi akademik. Subjek dalam penelitian ini adalah 20 orang siswa. Instrument utama yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket prokrastinasi akademik. Data penelitian selanjutnya dianalisis dengan analisis deskriptif dan analisis inferensial. Analisis inferensial menggunakan tehnik statistik yaitu uji-t (satu ekor) pada taraf signifikan 95%. Hasil analisis deskriptif menjelaskan bahwa prokrastinasi akademik siswa sebelum mengikuti layanan informasi dampak prokrastinasi akademik, ada 25% siswa yang memiliki prokrastinasi akademik sangat tinggi, 45% siswa yang memiliki prokrastinasi akademik tinggi, dan 30% siswa yang memiliki prokrastinasi akademik rendah. Sesudah mengikuti layanan informasi dampak prokrastinasi akademik, 30% siswa yang memiliki prokrastinasi akademik tinggi, dan 70% siswa yang memiliki prokrastinasi akademik rendah, hasil ini menunjukan bahwa pengurangan prokrastinasi akademik siswa di sekolah mengalami pengurangan 55%. Nilai thitung sebesar 1,73 maka harga thitung > nilai ttabel atau 6,53 >1,73, karena nilai thitung lebih besar dari pada ttabel maka konsekuensinya hipotesis nol (H0) ditolak.Hasil analisis inferensial diperoleh kesimpulan pengurangan prokrastinasi siswa sesudah mengikuti layanan informasi dampak prokrastinasi akademik ada pengaruh dibandingkan dengan sebelum mengikuti layanan informasi dampak prokrastinasi akademik. Hasil Penelitian ini membuktikan bahwa pemberian layanan informasi dampak prokrastinasi akademik berpengaruh terhadap pengurangan prokrastinasi akademik. |