JudulHUBUNGAN ANTARA MOTIVASI EKSTERNAL DENGAN INTENSITAS BELAJAR MANDIRI SISWA SMP NEGERI 2 SINDUE |
Nama: NURLIN |
Tahun: 2021 |
Abstrak ABSTRAK Nurlin, 2021. Hubungan antara motivasi eksternal dengan intensitas belajar mandiri di SMP Negeri 2 Sindue. Skripsi, Program Studi Bimbingan dan Konseling, Jurusan Ilmu pendidikan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing Ridwan Syahran, S.Pd., M.Pd Permasalahan dalam penelitian ini adalah apakah ada hubungan motivasi eksternal dengan intensitas belajar mandiri siswa. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan hubungan motivasi eksternal dengan intensitas belajar mandiri siswa. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 242 orang siswa, sampel yang diambil sebanyak 107 orang siswa yang diambil secara purposive sampling. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data penelitian ini adalah angket motivasi eksternal dan angket intensitas belajar mandiri. Pengujian hipotesis penelitian dilakukan menggunakan teknik korelasi product moment pada signifikan 95% (?=0,05). Hasil analisis deskriptif menunjukkan bahwa terdapat 0 atau 0% memiliki motivasi esterna sangat tinggil, 82 atau 76,6% memiliki motivasi eksternal tinggi, 23 atau 21,5 % memiliki motivasi eksternal rendah, serta 2 atau 1,9 % memiliki motivasi eksternal sangat rendah. Sedangkan terdapat 6 atau 5,6% siswa memiliki intensitas belajar mandiri yang sangat baik, 94 atau 87,9 % siswa memiliki intensitas belajar mandiri yang baik, 7 atau 34 % siswa memiliki intensitas belajar mandiri tidak baik, dan 0 atau 0 % siswa memiliki intensitas belajar mandiri yang sangat tidak baik. Hasil analisis inferensial menunjukan bahwa ada hubungan antar motivasi eksternal dengan intensitas belajar mandiri. Kata Kunci : Motivasi Eksternal, Intensitas Belajar Mandiri Siswa, Motivasi Belajar, Faktor Motivasi Eksternal ? |