JudulHUBUNGAN ANTARA POLA ASUH DEMOKRATIS ORANG TUA DENGAN PERILAKU BELAJAR DI SEKOLAH SISWA SMP NEGERI 7 PALU |
Nama: MUHKTAMIRA PUTRI |
Tahun: 2021 |
Abstrak Muhktamira Putri, 2021. Hubungan Antara Pola Asuh Demokratis Orang Tua Dengan Perilaku Belajar di Sekolah Siswa SMP Negeri 7 Palu. Skripsi, Program Studi Bimbingan dan Konseling Jurusan Ilmu Pendidikan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing Abdul Munir Permasalahan dalam penelitian ini adalah apakah ada hubungan pola asuh demokratis orang tua dengan perilaku belajar siswa. penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan hubungan pola asuh demokratis orang tua dengan perilaku belajar siswa. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 526 orang siswa, sampel yang diambil 184 orang siswa yang diambil secara porpusive sampling. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data penelitian ini adalah angket pola asuh demokratis orang tua dan angket perilaku belajar siswa. Pengujian hipotesis penelitian dilakukan menggunakan teknik korelasi product moment pada signifikan 95% (? = 0,05% ). Hasil analisis deskriptif menunjukan bahwa terdapat 21,73% siswa yang pola asuh demokratis orang tua yang sangat demokratis, 70,65% siswa yang pola asuh demokratis orang tua yang demokratis,7,06% siswa yang pola asuh demokratis orang tua yang tidak demokratis, dan 0,54% siswa yang pola asuh demokratis orang tua yang sangat tidak demokratis. Sedangkan terdapat 5,43% siswa memiliki perilaku belajar yang sangat baik, 73,36% siswa memiliki perilaku belajar yang baik, dan 21,19% siswa memiliki perilaku belajar yang tidak baik,. Hasil analisis inferensial menunjukan bahwa ada hubungan pola asuh demokratis orang tua dengan perilaku belajar siswa. Kata Kunci : Pola Asuh Demokratis Orang Tua, Perilaku Belajar Siswa |