Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulPENGARUH LAYANAN INFORMASI BK KOMPREHENSIF TERHADAP MINAT BERKONSULTASI SECARA MANDIRI SISWAKELAS VIII D DI SMP NEGERI 2 PALU OLEH MOH AYUB No. Stb. A 501 14 068 SKRIPSI Diajukan Sebagai Salah Satu Syarat Untuk Mendapatkan Gelar Sarjana Pada Program Bimbingan Dan Konseling Jurusan Ilmu Pendidikan Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Tadulako PROGRAM STUDI BIMBINGAN DAN KONSELING JURUSAN ILMU PENDIDIKAN FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS TADULAKO 2021
Nama: MOH.AYUB
Tahun: 2022
Abstrak
ABSTRAK Moh.Ayub, (2021).Pengaruh Layanan Informasi BK Komprehensif Terhadap Minat Berkonsultasi Secara Mandiri Siswa Kelas VIII D SMP Negeri 2 Palu.Skripsi.Program Studi Bimbingan dan Konseling. Jurusan Ilmu Pendidikan. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Tadulako. Pembimbing (1) Azam Arifyadi Permasalahan dalam penelitian ini adalah ada pengaruh positif layanan informasi BK komprehensif terhadap minat berkonsultasi secara mandiri siswa kelas VIII D.Tujuan penelitian ini adalah untuk menjelaskan pengaruh layanan informasi BK komprehensif terhadap minat berkonsultasi secara mandiri.Subjek dalam penelitian ini adalah 22 orang siswa.Instrumen utama yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket minat berkonsultasi secara mandiri.Data penelitian selanjutnya dianalisis dengan analisis deskriptif dan analisis inferensial.Analisis inferensial menggunakan teknik statistik yaitu uji-t (satu ekor) pada taraf signifikan 95%. Hasil analisis deskriptif menjelaskan bahwa minat berkonsultasi secara mandiri sebelum mengikuti layanan informasi BK komprehensif ada 40,9% siswa yang memiliki minat berkonsultasi secara mandiri tinggi, ada 50% siswa yang memiliki minat berkonsultasi secara mandiri rendah dan ada 9,1% siswa yang memiliki minat berkonsultasi secara mandiri sangat rendah. Sesudah mengikuti layanan informasi BK komprehensif ada 13,6% siswa memiliki minat berkonsultasi secara mandiri sangat tinggi, ada 54,5% siswa memiliki minat berkonsultasi secara mandiri tinggi, dan ada 31,8% siswa memiliki minat berkonsultasi secara mandiri rendah, hasil ini menunjukan bahwa peningkatan minat berkonsultasi secara mandiri siswa di sekolah mengalami peningkatan 54,5%. Hasil analisis inferensial diperoleh kesimpulan peningkatan minat berkonsultasi secara mandiri sesudah mengikuti pemberian layanan informasi BK komprehensif ada pengaruh positif dibandingkan dengan sebelum mengikuti layanan informasi BK komprehensif.Penelitian ini mendeskripsikan bahwa pemberian layanan informasi BK komprehensif berpengaruh terhadap peningkatan minat berkonsultasi secara mandiri. Kata Kunci :Minat Berkonsultasi, BK Komprehensif

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up