Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulPENGARUH LAYANAN INFORMASI MANAJEMEN WAKTU TERHADAP KEDISIPLINAN BELAJAR SISWA KELAS VIII G SMP NEGERI 2 PALU RESKIANA Diajukan Sebagai Salah Satu Syarat Untuk Mendapatkan Gelar Sarjana Pada Program Studibimbingan Dan Konseling Jurusan Ilmu Pendidikan Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Tadulako PROGRAM STUDI BIMBINGAN DAN KONSELING JURUSAN ILMU PENDIDIKAN FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS TADULAKO 2019
Nama: Reskiana
Tahun: 2019
Abstrak
ABSTRAK Reskiana, 2019. Pengaruh Layanan Informasi Manajemen Waktu Terhadap Kedisiplinan Belajar Siswa Kelas VIII G SMP Negeri 2 Palu. Skripsi, Program Studi Bimbingan dan Konseling, Jurusan Ilmu Pendidikan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing (I) Abdul Munir, Pembimbing (II) Munifah. Kata Kunci : Manajemen Waktu, Kedisiplinan Belajar. Permasalahan utama dalam penelitian ini adalah bagaimana disiplin belajar siswa sebelum dan sesudah mengikuti layanan informasi manajemen waktu, apakah ada pengaruh positif layanan informasi manajemen waktu terhadap kedisiplinan belajar siswa kelas VIII G SMP Negeri 2 Palu. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendiskripsikan bagaimana disiplin belajar siswa sebelum dan sesudah diberikan layanan informasi manajemen waktu. Subjek dalam penelitian ini berjumlah 20 siswa. Instrument utama yang digunakan untuk pengumpulan data dalam penelitian ini adalah angket disiplin belajar. Data yang diperoleh dalam penelitian dianalisis diolah dan dianalisis secara deskriptif dan inferensial. Pengujian hipotesisi dilakukan dengan menggunakan teknik statistik yaitu uji-t (satu ekor) pada taraf signifikan 95%. Hasil analisis deskriptif menunjukkan bahwa sebelum mengikuti layanan informasi manajemen waktu yaitu: ada 10% siswa yang memiliki disiplin belajar tinggi, 40% siswa yang memiliki disiplin belajar sedang, 50% siswa yang memiliki disiplin belajar rendah. Sedangkan sesudah mengikuti layanan informasi manajemen waktu ada 35% siswa yang memiliki disiplin belajar tinggi, 55% siswa yang memiliki disiplin belajar sedang, dan 10% siswa yang memilki disiplin belajar rendah. Hasil analisis deskriptif menunjukkan bahwa disiplin belajar siswa mengalami peningkatan 65%. Hasil analisis inferensial ditemukan perbedaan yaitu 7,08>1,73 karena nilai t hitung lebih besar maka dapat disimpulkan bahwa hipotesis Ho ditolak. Hal ini menunjukkan bahwa ada pengaruh positif layanan informasi manajemen waktu terhadap kedisiplinan belajar siswa kelas VIII G SMP Negeri 2 Palu.

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up