JudulHUBUNGAN ANTARA PERHATIAN ORANG TUADENGAN STRATEGI BELAJAR SISWA DI MASA PANDEMI SMP NEGERI 2 SINDUE |
Nama: ANDRI |
Tahun: 2022 |
Abstrak ABSTRAK Andri, 2021. Hubungan antara perhatian orang tua dengan strategi belajar siswa di masa pandemi SMP Negeri 2 Sindue, Skripsi, Program Studi Bimbingan dan Konseling, Jurusan Ilmu pendidikan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing (1) Ridwan Syahran Permasalahan dalam penelitian ini adalah apakah ada hubungan perhatian orang tua dengan strategi belajar siswa di masa pandemi. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan hubungan perhatian orang tua dengan strategi belajar siswa di masa pandemi. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 242 orang siswa, sampel yang diambil sebanyak 107 orang siswa yang diambil secara purposive sampling. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data penelitian ini adalah angket perhatian orang tua dan angket strategi belajar siswa di masa pandemi. Pengujian hipotesis penelitian dilakukan menggunakan teknik korelasi product moment pada signifikan 95% (?=0,05). Hasil analisis deskriptif menunjukkan bahwa terdapat 0 atau 0% memiliki perhatian orang tua sangat tinggil, 82 atau 76,6% memiliki perhatian orang tua tinggi, 23 atau 21,5 % memiliki perhatian orang tua rendah, serta 2 atau 1,9 % memiliki perhatian orang tua sangat rendah. Sedangkan terdapat 6 atau 5,6% siswa memiliki strategi belajar yang sangat baik, 94 atau 87,9 % siswa memiliki strategi belajar yang baik, 7 atau 34 % siswa memiliki strategi belajar kurang baik, dan tidak ada siswa memiliki strategi belajar yang tidak baik. Hasil analisis inferensial menunjukan bahwa ada hubungan positif antara perhatian orang tua dengan strategi belajar siswa di masa pandemi. Kata Kunci : Perhatian Orang Tua, Strategi Belajar Siswa, Masa Pandemi. |