JudulPengaruh Layanan Informasi Manajemen Diri Dalam Belajar Disertai Media Flipchart Terhadap Kemandirian Belajar Siswa Kelas VIII C MTs Negeri 2 Kota Palu |
Nama: SELVIANA |
Tahun: 2022 |
Abstrak Permasalahan dalam penelitian ini adalah kemandirian belajar siswa sebelum dan sesudah diberikan layanan informasi manajemen diri dalam belajar serta bagaimana pengaruh layanan informasi manajemen diri dalam belajar terhadap kemandirian belajar siswa. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan kemandirian belajar siswa sebelum dan sesudah diberikan layanan informasi manajemen diri dalam belajar serta untuk mengetahui pengaruh layanan informasi manajemen diri dalam belajar disertai media flipchart terhadap kemandirian belajar siswa. Subjek penelitian ini berjumlah 20 siswa. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data penelitian adalah angket kemandirian belajar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemandirian belajar siswa sebelum diberikan layanan informasi manajemen diri dalam belajar disertai media flipchart adalah, 35% siswa yang memiliki kemandirian belajar yang mandiri, 55% siswa yang memiliki kemandirian belajar yang cukup mandiri, 10% siswa yang memiliki kemandirian belajar yang tidak mandiri. Sesudah diberikan layanan informasi manajemen diri dalam belajar disertai media flipchart maka siswa yang memiliki kemandirian belajar yang sangat mandiri yaitu 15%. 65% siswa memiliki kemandirian belajar yang mandiri, 20% siswa memiliki kemandirian belajar cukup mandiri. Kesimpulan hasil penelitian bahwa ada pengaruh layanan informasi manajemen diri dalam belajar disertai media flipchart terhadap kemandirian belajar siswa kelas VIII C MTs Negeri 2 Kota Palu. Kata Kunci: Kemandirian Belajar, Manajemen Diri |