JudulHubungan Antara Peran Orang Tua Dengan Motivasi Belajar Siswa Di Masa Pandemi ( Covid-19) Studi Di Madrasah Tsanawiyah Watunonju Kab. Sigi |
Nama: INTAN NISVIA |
Tahun: 2022 |
Abstrak Intan Nisvia, 2021. Hubungan Antara Peran Orang Tua dengan Motivasi Belajar Siswa Dimasa Pandemi (covid19) Studi Di Madrasah Tsanawiah WATUNONJU Kab Sigi, Hasil. Program Studi Bimbingan dan Konseling, Jurusan Ilmu pendidikan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing Azam Arifyadi. Permasalahan dalam penelitian ini adalah apakah ada hubungan antara peran orang tua dengan motivasi belajar siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi bagaimana peran orang tua dalam mengawasi anak dimasa pandemi dan juga mengidentifikasi motivasi belajar siswa dimasa pandemi. Subjek dalam penelitian ini berjumlah 62 siswa. Teknik pengumpulan data adalah angket peran orang tua dan angket motivasi belajar. Data yang diperoleh diolah dan dianalisis secara deskriptif dan inferensial. Pengujian hipotesis penelitian dilakukan menggunakan teknik korelasi product moment pada signifikan 95% (?=0,05). Hasil analisis inferensial menunjukan bahwa ada hubungan Pola komunikasi keluarga dengan Motivasi belajar dirumah. Hasil analisis deskriptif menunjukan bahwa dari 62 siswa, terdapat 16 atau 25.8% siswa memiliki Peran Orang Tua siswa yang sangat tinggi, 23 atau 37.09% siswa memiliki Peran Orang Tua siswa yang tinggi, 16 atau 25.8% siswa memiliki Peran Orang Tua rendah, dan 7 atau 11.29 % siswa memiliki Peran Orang Tua yang sangat tidak baik. Hasil analisis deskriptif menunjukan bahwa dari 62 siswa ada 18 atau 29.03% siswa yang memiliki Motivasi Belajar sangat tinggi, 33 atau 53.2%% siswa memiliki Motivasi belajar tinggi, 11 atau 17.74 % siswa memiliki Motivasi belajar rendah, serta tidak ada siswa yang memiliki Motivasi Belajar sangat rendah. Kata Kunci : Peran Orang Tua, Motivasi belajar siswa. |