Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulUPAYA MENINGKATKAN DISIPLIN BERPAKAIAN SERAGAM MELALUI SOSIADRAMA PADA SISWA SMP NEGERI 16 PALU
Nama: IMAM HANAFI
Tahun: 2022
Abstrak
ABSTRAK Imam hanafi, 2021.Upaya Meningkatkan Disiplin Berpakain Seragam Melalui Sosiadrama Pada Siswa SMP Negeri 16 Palu. Skripsi, program Studi Bimbingan dan Konseling, Jurusan Ilmu Pendidikan, Fakultas Keguruan dan Ilmu pendidikan, Universitas Tadulako Pembimbing (I) Ridwan Syahran Jenis penelitian ini adalah jenis penelitian tindakan (action research) bimbingan dan konseling, dengan menggunakan model Kemmis dan Mc Taggar. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus dan setiap siklusnya terdiri dari empat tahap, antara lain: perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah 6 siswa. Jenis tindakan yang dilakukan adalah penggunaan teknik sosiodrama. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan lembar observasi Disiplin berpakaian seragam, lembar observasi pelaksanaan sosiodrama, dan pedoaman wawancara disetiap tindakan siklus I dan siklus II. Penggunaan teknik sosiodrama dilaksanakan dalam dua siklus. Dari Hasil Penelitian ini menunjukan bahwa setelah mengikuti layanan teknik sosiodrama siklus I persentase disiplin berpakaian seragam siswa meningkat sebesar 17,22%, kemudian setelah mengikuti layanan teknik sosiodrama siklus II, persentase disiplin berpakaian seragam siswa meningkat sebesar 20,72%. Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan disiplin berpakaian seragam melalui sosiadrama pada siswa. Kata Kunci : Meningkatkan Disiplin Melalui Sosiadrama Berpakaian Seragam siswa

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up