JudulPENGARUH LAYANAN INFORMASI CARA BELAJAR YANG BAIK DISERTAI MEDIA CARD SORT TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS XI IPS 2 SMA NEGERI 5 PALU |
Nama: NURAIN PATILIMA |
Tahun: 2021 |
Abstrak ABSTRAK Nur’Ain Patilima. 2020. Pengaruh Layanan Informasi Cara Belajar Yang Baik Disertai Media Card Sort Terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas XI IPS 2 SMA Negeri 5 Palu. Program Studi Bimbingan dan Konseling, Jurusan Ilmu Pendidikan, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako, Palu. Pembimbing Abdul Munir Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana motivasi belajar siswa sebelum dan sesudah diberikan layanan informasi cara belajar yang baik serta apakah layanan informasi cara belajar yang baik berpengaruh positif terhadap peningkatan motivasi belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan motivasi belajar siswa sebelum dan sesudah diberikan layanan informasi cara belajar yang baik serta untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh positif layanan informasi cara belajar yang baik disertai media card sort terhadap motivasi belajar siswa. Subjek penelitian ini berjumlah 20 siswa. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data penelitian ini adalah angket motivasi belajar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa motivasi belajar siswa sebelum diberikan layanan informasi cara belajar yang baik disertai media card sort, 45% siswa yang memiliki motivasi belajar tinggi, 45% siswa yang memiliki motivasi belajar rendah, 10% siswa yang memiliki motivasi belajar sangat rendah. Sedangkan motivasi belajar siswa sesudah diberikan layanan informasi cara belajar yang baik disertai media card sort mengalami peningkatan, yaitu 25% siswa memiliki motivasi belajar sangat baik, 60% siswa memiliki motivasi belajar tinggi, 15% siswa memiliki motivasi belajar rendah. Jadi dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh positif layanan informasi cara belajar yang baik disertai media card sort terhadap motivasi belajar siswa kelas XI IPS 2 SMA Negeri 5 Palu. Kata Kunci: Cara Belajar yang Baik, Card Sort, Motivasi Belajar |