JudulPENGARUH LAYANAN INFORMASI LINGKUNGAN BELAJAR YANG KONDUSIF TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWAKELAS VII CUT NYAK DIEN DI SMP NEGERI 4 PALU |
Nama: AINAYAH NURFATIHA KALAPE |
Tahun: 2021 |
Abstrak ABSTRAK Ainayah Nurfatiha Kalape, (2020). Pengaruh Layanan Informasi Lingkungan Belajar yang Kondusif Terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas VII Cut Nyak Dien SMP Negeri 4 Palu. Skripsi. Program Studi Bimbingan dan Konseling. Jurusan Ilmu Pendidikan. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Tadulako. Pembimbing (1) Abdul Munir Permasalahan dalam penelitian ini adalah apakah ada pengaruh positif layanan informasi lingkungan belajar yang kondusif terhadap motivasi belajar siswa kelas VII Cut Nyak Dien. Tujuan penelitian ini adalah untuk menjelaskan pengaruh layanan informasi lingkungan belajar yang kondusif terhadap motivasi belajar siswa. Subjek dalam penelitian ini adalah 25 orang siswa. Instrumen utama yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket motivasi belajar. Data penelitian selanjutnya dianalisis dengan analisis deskriptif dan analisis inferensial. Analisis inferensial menggunakan teknik statistik yaitu uji-t (satu ekor) pada taraf signifikan 95%. Hasil analisis deskriptif menjelaskan bahwa motivasi belajar sebelum mengikuti layanan informasi lingkungan belajar yang kondusif ada 84% siswa yang memiliki motivasi belajar tidak termotivasi dan ada 16% siswa yang memiliki motivasi belajar sangat tidak termotivasi. Sesudah mengikuti layanan informasi lingkungan belajar yang kondusif ada 4% siswa memiliki motivasi belajar yang sangat termotivasi, ada 60% siswa memiliki motivasi belajar yang termotivasi, dan ada 36% siswa memiliki motivasi belajar yang tidak termotivasi, hasil ini menunjukan bahwa peningkatan motivasi belajar siswa di sekolah mengalami peningkatan 72%. Hasil analisis inferensial diperoleh kesimpulan peningkatan motivasi belajar sesudah mengikuti pemberian layanan informasi lingkungan belajar yang kondusif ada pengaruh positif dibandingkan dengan sebelum mengikuti layanan informasi lingkungan belajar yang kondusif. Penelitian ini membuktikan bahwa pemberian layanan informasi lingkungan belajar yang kondusif berpengaruh positif terhadap peningkatan motivasi belajar siswa. Kata Kunci : Layanan Informasi, Lingkungan Belajar Kondusif, Motivasi Belajar |