JudulEFEKTIVITAS LAYANAN INFORMASI KETERAMPILAN BELAJAR MELALUI MEDIA AUDIO VISUAL UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BELAJAR SISWA KELAS VIII APEL SMPN 4 PALU |
Nama: NURRAHMA N. DUMO |
Tahun: 2019 |
Abstrak Permasalahan dalam penelitian ini adalah apakah ada pengaruh positif pemberian layanan informasi keterampilan belajar melalui media audio visual untuk meningkatkan keterampilan belajar siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi adanya pengaruh positif layanan informasi keterampilan belajar melalui media audio visual untuk meningkatkan keterampilan belajar siswa. Subjek Penelitian ini berjumlah 20 siswa. Instrumen yang digunakan adalah angket keterampilan belajar. Data diolah dan dianalisis secara deskriptif, inferensial dan analisis menggunakan SPSS (Statistical Product and Service Solutios). Analisis inferensial menggunakan teknik statistik yaitu uji t (satu ekor) pada taraf signifikan 95%. Hasil Analisis deskriptif menunjukkan bahwa keterampilan belajar sebelum mengikuti layanan informasi terdiri dari 4 atau 20% siswa memiliki keterampilan belajar yang tinggi, 14 atau 70% siswa yang memiliki keterampilan belajar yang rendah, dan 2 atau 10% siswa memiliki keterampilan belajar yang sangat rendah. Sedangkan sesudah mengikuti layanan informasi mengalami peningkatan yaitu ada 3 atau 15% siswa yang memiliki keterampilan belajar yang sangat tinggi, 8 atau 40% siswa memiliki keterampilan belajar yang tinggi , 9 atau 45% siswa memiliki keterampilan belajar yang rendah. Kesimpulan dari hasil penelitian ini membuktikan bahwa ada pengaruh positif layanan informasi keterampilan belajar melalui media audio visual untuk meningkatkan keterampilan belajar siswa. |