JudulHUBUNGAN ANTARA PERSEPSI ANAK TENTANG KEHARMONISAN KELUARGA DENGAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS XI SMA NEGERI 1 SINDUE |
Nama: RIKI |
Tahun: 2021 |
Abstrak Riki, 2020. Hubungan Antara Persepsi Anak Tentang Keharmonisan Keluarga dengan Motivasi Belajar Siswa di SMA Negeri 1 Sindue. Skripsi, Program Studi Bimbingan dan Konseling, Jurusan Ilmu pendidikan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing Durrotunnisa. Permasalahan dalam penelitian ini adalah apakah ada hubungan antara persepsi anak tentang keharmonisan dengan motivasi belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan hubungan antara persepsi anak tentang keharmonisan dengan motivasi belajar siswa. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 242 orang siswa, sampel yang diambil sebanyak 137 orang siswa yang diambil secara stratified cluster sampling. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data penelitian ini adalah angket persepsi anak tentang keharmonisan keluarga dan angket motivasi belajar siswa. Pengujian hipotesis penelitian dilakukan menggunakan teknik korelasi product moment pada signifikan 95% (?=0,05). Hasil analisis deskriptif menunjukkan bahwa terdapat terdapat 7 atau 5% siswa yang persepsi anak tentang keharmonisan keluarga yang sangat sering terjadi, 95 atau 69% siswa yang persepsi anak tentang keharmonisan keluarga yang sering terjadi, 34 atau 25% siswa yang persepsi anak tentang keharmonisan keluarga yang kadang terjadi, serta 1 atau 1% siswa yang persepsi anak tentang keharmonisan keluarga yang tidak pernah terjadi. Sedangkan terdapat 6 atau 4 % siswa memiliki motivasi belajar yang sangat tinggi, 104 atau 76% siswa memiliki motivasi belajar yang rendah, 27 atau 20% siswa memiliki motivasi belajar yang sangat rendah. Hasil analisis inferensial pada tehnik korelasi product moment diperoleh r_h = 0,160 selanjutnya, untuk menguji apakah hipotesis nol (H0) diterima atau ditolak, maka selanjutnya akan dikonsultasikan pada tabel Product Moment dengan N = 137 pada taraf signifikan 95% (a = 0,05%). Diketahui r_t = 0,159 dengan demikian r_h ? r_t atau 0,160 ? 0,159. Hasil penelitian menunjukan bahwa ada hubungan persepsi anak tentang keharmonisan keluarga dengan motivasi belajar siswa. Kata Kunci : Persepsi Anak, Keharmonisan keluarga, Motivasi Belajar Siswa, Bahwa Ada Hubungan Persepsi Anak Tentang Keharmonisan Keluarga dengan Motivasi Belajar Siswa. |