JudulPEMANFAATAN MEDIA X-BANNER DALAM LAYANAN INFORMASI CARA MENGATUR WAKTU BELAJAR UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA DI SEKOLAH PADA SMP NEGERI 26 SIGI |
Nama: RAHMAT |
Tahun: 2021 |
Abstrak ABSTRAK Rahmat 2020.pemanfaatan media X-banner dalam layanan informasi mengatur waktu belajar untuk meningkatkan minat belajar siswa disekolah pada smp. Skripsi, Pro negeri 26 sigi program Studi Bimbingan dan Konseling, Jurusan Ilmu Pendidikan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako, Pembimbing Ridwan Syahran. Kata Kunci : mengatur waktu, meningkatkan minat belajar Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana cara meningkatkan minat belajar belajar siswa sebelum dan sesudah diberikan layanan informasi pemanfaatan media X-banner dalam mengatur waktu belajar untuk meningkatkan minat belajar siswa di sekolah siswa sesudah diberikan layanan informasi pemanfaatan media X-banner mengatur waktu belajar lebih tinggi dibanding dengan sebelum diberikan layanan informasi pemanfaatan media X-banner cara mengatur waktu belajar. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan serta menjelaskan peningkatan minat belajar sebelum dan sesudah diberikan layanan informasi pemanfaatan media X-banner mengatur waktu belajar. Subjek penelitian ini berjumlah 13 siswa. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket minat belajar siswa. Data yang diperoleh dalam penelitian ini dianalisis secara deskriptif dan inferensial dengan menggunakan rumus uji-t (satu ekor) pada taraf kepercayaan 95%. Hasil analisis deskriptif menunjukkan bahwa minat belajar siswa sebelum diberikan layanan informasi pemanfaatan media X-banner yaitu 38,5% siswa yang memiliki minat belajar tinggi, 53,8% siswa yang memiliki minat belajar rendah 7,7% siswa yang memiliki minat belajar sangat rendah. Sedangkan sesudah diberikan layanan informasi pemanfaatan media X-banner mengatur waktu belajar maka terjadi peningkatan minat belajar yaitu 15,3% siswa yang memiliki minat belajar sangat tinggi, 61,5% siswa yang memiliki minat belajar tinggi dan 23,1% siswa yang memiliki minat belajar rendah. Hasil analisis inferensial menunjukkan bahwa minat belajar siswa sesudah diberikan layanan informasi pemanfaatan media x-banner mengatur waktu belajar lebih tinggi dibanding dengan sebelum diberikan layanan informasi pemanfaat media X-banner dalam mengatur waktu belajar untuk meningkatkan minat belajar. |