JudulEFEKTIVITAS TUGAS MENGGAMBAR DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGGAMBAR SISWA DI SMA NEGERI 4 PALU |
Nama: FITRIA WADIANI |
Tahun: 2020 |
Abstrak Fitria Wadiani, 2019. Efektivitas Tugas Menggambar dalam Meningkatkan Kemampuan Menggambar Siswa SMA Negeri 4 Palu. Skripsi, Program Studi Bimbingan dan Konseling, Jurusan Ilmu Pendidikan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing (I) Muh Mansyur Thalib, Pembimbing (II) Azam Arifyadi. Penelitian ini dilatar belakangi oleh permasalahan siswa yang kurang memiliki kemampuan menggambar. tujuan penelitian ini untuk menjelaskan keefektifan pemberian tugas menggambar dalam meningkatkan kemampuan menggambar siswa. Subjek dalam penelitian ini berjumlah 15 siswa. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah rubrik penilaian. Data yang diperoleh selanjutnya diolah dan dianalisis secara deskriptif dan inferensial. Pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan teknik statistik yaitu uji t (satu ekor) pada taraf signifikan 95%. Hasil analisis deskriptif menunjukan bahwa kemampuan menggambar siswa yang terdiri dari 20% siswa berada pada klasifikasi mampu, 80% siswa berada pada klasifikasi siswa tidak mampu, sedangkan kemampuan menggambar siswa sesudah diberikan tugas menggambar yang terdiri dari 20% siswa berada pada kalsifikasi sangat mampu, 66,67% siswa berada pada klasifikasi mampu, 13,33% siswa yang berada pada klasifikasi tidak mampu. Dari hasil analisis inferensial menunjukan menunjukan bahwa pemberian tugas menggambar efektif dalam meningkatan kemampuan menggambar siswa. Kata kunci : tugas menggambar, kemampuan menggambar |