Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulEfektivitas Pelatihan Keterampilan Sosial Berbasis Media Permainan Kartu Aksi Bintang Dalam Mengembangkan Perilaku Asertif Siswa Kelas X IIS 2 SMA N Egeri 4 Palu
Nama: LINDA NIRWANA
Tahun: 2019
Abstrak
permasalahan dalam penelitian ini adalah apakah pemberian pelatihan keterampilan sosial berbasis media pemainan kartu aksi bintang efektif dalam mengembangkan perilaku asertif siswa kelas X IIS 2 SMA Negeri 4 palu. tujuan penelitian ini adalah untuk menjelaskan efektifitas pelatihan keterampilan sosial berbasis media pemainan kartu aksi bintang dalam mengembangkan perilaku asertif siswa. subjek dalam peneletian ini berjumlah 20 siswa. instrumen utama yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket perilaku asertif siswa. data yang diperoleh dalam penelitian ini dianalisis secara deskrtiptif dan inferensial. hasil analisis deskriptif menunjukkan sebelum mengikuti pelatihan keterampilan sosial berbasis media pemainan kartu aksi bintang terdapat 0% siswa yang memiliki perilaku asertif sangat tinggi, 50% yang memiliki perilaku asertuif tinggi, 45% siswa yang memiliki perilaku asertif rendah, dan 5% siswa yang memiliki perilaku asertif sangat rendah, sesudah mengikuti pelatihan keterampilan sosial berbasis media pemainan kartu aksi bintang terdapat 10% siswa yang memiliki perilaku asertif sangat tinggi, 75% yang memiliki perilaku asertuif tinggi, 15% siswa yang memiliki perilaku asertif rendah, dan 0% siswa yang memiliki perilaku asertif sangat rendah. hasil analilis inferensial menunjukkan bahwa pelatihan keterampilan sosial berbasis media pemainan kartu aksi bintang efektif dalam mengembangkan perilaku asertif siswa. kata kunci : keterampilan sosial, perilaku asertif, media permainan

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up