JudulHUBUNGAN ANTARA KEAKTIIFAN MENGIKUTI KEGIATAN PRAMUKA DENGAN KETERAMPILAN SOSIAL SISWA SMP NEGERI 7 PALU |
Nama: ISRAWATI SOLEMAN |
Tahun: 2019 |
Abstrak ABSTRAK Israwati Soleman, 2019. Hubungan Antara Keaktifan Mengikuti Kegiatan Pramuka dengan Keterampilan Sosial Siswa SMP Negeri 7 Palu. Skripsi, Program Studi Bimbingan dan Konseling. Jurusan Ilmu Pendidikan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Tadulako. Pembimbing (I) Abd. Munir, Pembimbing (II) Ridwan Syahran Kata Kunci: Pramuka, Keterampilan sosial Permasalahan pokok dalam penelitian ini adalah apakah ada hubungan positif antara Keaktifan megikuti kegiatan pramuka dengan keterampilan sosial siswa. Tujuan penelitian yaitu untuk menjelaskan keaktifan mengikuti kegiatan pramuka dengan keterampilan sosial siswa. Populasi penelitian ini adalah siswa yang terdaftar dalam kegiatan pramuka berjumlah 40 orang dan sampel yang digunakan ialah sampel populasi atau sampel total. Pengumpulan data menggunakan angket yaitu angket keaktifan mengikuti kegiatan pramuka dan angket keterampilan sosial. Data yang terkumpul selanjutnya diolah dan dianalisis dengan menggunakan teknik persentase, untuk menguji hipotesis digunakan teknik korelasi product moment. Hasil penelitian menunjukan bahwa 32,5% siswa yang sangat aktif mengikuti kegiatan pramuka, 47,5% siswa yang aktif mengikuti kegiatan pramuka, 12,5% siswa yang kurang aktif mengikuti kegiatan pramuka, 7,5% siswa yang tidak aktif mangikuti kegiatan pramuka. Selanjutnya 25% siswa yang memiliki keterampilan sosial yang sangat baik, 57,5% siswa memiliki keterampilan sosial yang baik, 17,5% siswa yang memiliki keterampilan sosial yang kurang baik. Hasil analisis inferensial menunjukkan bahwa ada hubungan yang positif antara keaktifan mengikuti kegiatan pramuka dengan keterampilan sosial siswa. |