JudulEFEKTIVITAS LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK TEKNIK MODELING SIMBOLIS DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN PERENCANAAN KARIR SISWA KELAS XI DKV SMK NEGERI 5 PALU |
Nama: MUSRIANI |
Tahun: 2019 |
Abstrak ABSTRAK Musriani, 2018. Efektivitas Bimbingan Kelompok Teknik Modeling Simbolis dalam Meningkatkan Kemampuan Perencanaan Karir Siswa Kelas XI DKV SMK Negeri 5 Palu. Skripsi, Program Studi Bimbingan dan Konseling, Jurusan Ilmu Pendidikan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Tadulako, Pembimbing (I) Muh. Mansyur Thalib, Pembimbing (II) Ridwan Syahran. Kata Kunci : Teknik Modeling Simbolis, Perencanaan Karir. Permasalahan utama dalam penelitian ini adalah apakah tingkat perencanaan karir siswa sesudah mengikuti bimbingan kelompok teknik modeling simbolis lebih tinggi dibandingkan dengan sebelum mengikuti bimbingan kelompok teknik modeling simbolis. Tujuan utama penelitian ini adalah menjelaskan tingkat perencanaan karir siswa sesudah mengikuti layanan bimbingan kelompok teknik modeling simbolis apakah lebih tinggi dibandingkan dengan sebelum mengikuti bimbingan kelompok teknik modeling simbolis. Subjek dalam penelitian ini adalah 10 orang siswa. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah angket. Data penelitian selanjutnya dianalisis dengan analisis deskriptif dan analisis inferensial dengan menggunakan rumus wilcoxon sign rank test. Hasil analisis deskriptif menunjukkan bahwa sebelum mengikuti bimbingan kelompok teknik modeling simbolis siswa WA dan AM memiliki perencanaan karir yang sangat rendah, siswa WN, FS, AS, DA, IL, WR, CT dan FR memiliki perencanaan karir yang rendah. Sesudah mengikuti bimbingan kelompok teknik modeling simbolis, terjadi peningkatan perencanaan karir yaitu siswa AS, WR dan CT, memiliki perencanaan karir rendah, siswa WN, WA, FS dan AM memiliki perencanaan karir yang tinggi, siswa DA, FR dan FM memiliki perencanaan karir yang sangat tinggi. Hasil analisis inferensial menunjukkan bahwa ada pengaruh positif layanan bimbingan kelompok teknik modeling simbolis dalam meningkatkan perencanaan karir siswa. |