Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulHubungan Antara Kemandirian Belajar Dengan Pemanfaatan Media Internet Sebagai Sumber Belajar Siswa SMA NEGERI 1 Sindue
Nama: HILDAYANTI
Tahun: 2020
Abstrak
ABSTRAK Hildayanti, 2019. Hubungan Antara Kemandirian Belajar dengan Pemanfaatan Media Internet Sebagai Sumber Belajar Siswa SMA Negeri 1 Sindue. Skripsi, Program Studi Bimbingan dan Konseling, Jurusan Ilmu pendidikan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing (I) Abd. Munir. Permasalahan dalam penelitian ini adalah apakah ada hubungan yang positif antara kemandirian belajar dengan pemanfaatan media internet sebagai sumber belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana kemandirian belajar siswa dan pemanfaatan media internet sebagai sumber belajar siswa, serta untuk mengetahui ada tidaknya hubungan antara kemandirian belajar dengan pemanfaatan media internet sebagai sumber belajar siswa. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 406 orang siswa, sampel yang diambil sebanyak 110 orang siswa yang diambil secara stratified purposive sampling. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data penelitian ini adalah angket kemandirian belajar dan angket pemanfaatan media internet sebagai sumber belajar siswa. Pengujian hipotesis penelitian dilakukan menggunakan teknik korelasi product moment pada taraf signifikan 95% (?=0,05). Hasil analisis deskriptif menunjukkan bahwa 62,73% siswa yang mandiri dalam kegiatan belajarnya, 34,55% siswa yang tidak mandiri dalam kegiatan belajarnya, dan 2,72% siswa yang sangat tidak mandiri dalam kegiatan belajarnya. Selanjutnya 67,27% siswa yang memanfaatan media internet sebagai sumber belajar yang tinggi, 30,90% siswa yang memanfaatkan media internet sebagai sumber belajar yang rendah dan 1,83% siswa yang memanfaatan media internet sebagai sumber belajar yang sangat rendah. Pengujian hipotesis, menunjukan bahwa rhitung > rtabel atau 0,646>0,195. Hasil analisis inferensial menunjukan terdapat hubungan positif antara kemandirian belajar dengan pemanfaatan media internet sebagai sumber belajar siswa. Kata Kunci : Kemandirian Belajar, Media Sumber Belajar

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up