Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulHUBUNGAN DUKUNGAN SOSIAL TEMAN SEBAYA DENGAN DISIPLIN BELAJAR SISWA SMP NEGERI 17 PALU
Nama: MUH AZIS
Tahun: 2020
Abstrak
ABSTRAK Muh Azis, 2019. Hubungan Dukungan Sosial Teman sebaya Dengan Disiplin Belajar Siswa SMP Negeri 17 Palu. Skripsi, Program Studi Bimbingan dan Konseling, Jurusan Ilmu pendidikan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing Muh.Mansyur Thalib M.Pd. Permasalahan pokok dalam penelitian ini adalah apakah ada hubungan yang Positif antara dukungan sosial teman sebaya dengan disiplin belajar siswa SMP Negeri 17 Palu. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan hubungan antara dukungan sosial teman sebaya dengan disiplin belajar siswa. Populasi penelitian ini berjumlah 529 orang siswa, sampel yang diambil sebanyak 185 orang siswa. Adapun cara untuk mengumpulkan data penelitian ini dengan menggunakan angket. Data yang di peroleh dalam penelitian ini dianalisis dengan teknik persentase, sedangkan untuk menguji hipotesis digunakan teknik korelasi product moment pada taraf signifikasi 95% (?=0,05). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 3,24% siswa memiliki dukungan sosaial teman sebaya yang sangat tinggi, 20% siswa memiliki dukungan sosial teman sebaya yang tinggi, 56,21% siswa memiliki dukungan sosial teman sebaya yang rendah dan 20% siswa memiliki dukungan sosial teman sebaya yang sangat rendah. Selanjutnya, 16,75% siswa memiliki disiplin belajar yang disiplin, 81,62% siswa memiliki disiplin belajar yang tidak disiplin dan 1,62% siswa memiliki displin belajar yang sangat tidak disiplin. Berdasarkan hasil uji korelasi dapat membuktikan bahwa ada hubungan positif antara dukungan sosial teman sebaya dengan disiplin belajar siswa. Kata Kunci : Dukungan Sosial Teman Sebaya dan Disiplin Belajar Siswa

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up