Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulMENGURANGI PERILAKU AGRESIF VERBAL MELALUI DISKUSI KELOMPOK PADA SISWA KELAS X SMA NEGERI 6 PALU
Nama: Misna
Tahun: 2019
Abstrak
ABSTRAK MISNA, 2018. Mengurangi Perilaku Agresif Verbal Melalui Diskusi Kelompok Pada Siswas Kelas X SMA Negeri 6 Palu. Skripsi, Program Studi Bimbingan dan Konseling, Jurusan Ilmu Pendidikan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako, Pembimbing (1) Mansyur Thalib, Pembimbing (II) Azam Arifyadi Kata Kunci : Perilaku agresif verbal, layanan diskusi kelompok Tujuan penelitian ini adalah mengurangi perilaku agresif verbal siswa dalam mengemukakan pendapat melalui layanan diskusi kelompok. Jenis penelitian ini adalah jenis penelitian tindakan (action research) bimbingan dan konseling dengan menggunakan model Kemmis dan Mc Taggar. Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus dan setiap siklusnya terdiri dari empat tahap, antara lain: perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah 6 siswa dengan tingkat perilaku agresif verbal yang sangat tinggi. Jenis tindakan yang dilakukan adalah layanan diskusi kelompok. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi dan wawancara. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa setelah dilaksanakan pra tindakan, presentase perilaku agresif verbal sebesar 34,52%. Pada tahap siklus I presentase perilaku agresif verbal siswa menurun sebesar 29,74%. Sedangkan pada siklus II presentase perilaku agresif verbal siswa menurun sebesar 22,21%. Hasil penelitian ini menunjukkan tingkat keberhasilan dari pelaksanaan layanan diskusi kelompok pada siklus II yang telah diperbaiki berdasarkan hasil refleksi dari siklus I. Jadi dapat disimpulkan bahwa layanan diskusi kelompok dapat mengurangi perilaku agresif verbal pada siswa kelas X SMA Negeri 6 Palu.

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up