Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulPENGARUH LAYANAN INFORMASI ETIKA BERGAUL DI SEKOLAH TERHADAP KEMAMPUAN INTERAKSI SOSIAL DI SEKOLAH SMA NEGERI 2 PALU KELAS XI MIA VII
Nama: SANDRA SETIAWAN
Tahun: 2020
Abstrak
ABSTRAK Sandra Setiawan, 2019. Pengaruh Layanan Informasi Etika Bergaul Di Sekolah Terhadap Kemampuan Interaksi Sosial Di Sekolah Siswa Kelas XI MIA VII SMA Negeri 2 Palu. Skripsi, Program Studi Bimbingan dan Konseling , Jurusan Ilmu Pendidikan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing, Ridwan Syahran. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah ada pengaruh positif layanan informasi etika bergaul di sekolah terhadap kemampuan interaksi siswa SMA Negeri 2 palu. Tujuan penelitian adalah untuk menjelaskan pengaruh positif layanan informasi etika bergaul di sekolah terhadap peningkatan kemampuan interaksi sosial di sekolah. Subjek penelitian ini berjumlah 23 siswa. instrumen pengumpulan data adalah angket kemampuan interaksi sosial di sekolah. Data yang diperoleh diolah dan dianalisis secara deskriptif dan inferensial. Hasil analisis deksriptif menunjukan bahwa kemampauan interaksi sosial di sekolah sebelum mengikuti layanan informasi etika bergaul di sekolah yaitu: 30,43 siswa memiliki kemampuan interaksi sosial di sekolah yang baik, 52,17 siswa memiliki kemampuan interaksi sosial di sekolah yang kurang baik, 17,39 siswa memiliki kemampuan interaksi sosial di sekolah yang sangat tidak baik. Sesudah mengikuti layanan informasi etika bergaul di sekolah, maka terjadi peningkatan kemampuan interaksi sosial di sekolah yaituh: 8,69 siswa memiliki kemampuan interaksi sosial di sekolah yang sangat baik, 78,26 siswa memiliki kemampuan interaksi sosial di sekolah yang baik, 13,04 siswa memiliki kemampuan interaksi sosial di sekolah yang kurang baik. Hasil analisis inferensial menggunakan teknik statistik yaitu uji-t (satu ekor)pada taraf kepercayaan 95%(a = 0,05%) Pada tabel distribusi diperoleh nilai t tabel sebesar 1,72 jika dibandingkan dengan nilai t hitung sebesar 8,72 maka harga t hitung lebih besar dari pada t tabel atau 8,72>1,72. Dengan demikian hipotesis nol ( Ho) ditolak. Hasil penelitian menunjukan ada pengaruh positif pemberian layanan informasi etika bergaul di sekolah terhadap peningkatan kemampuan interaksi sosial di sekolah siswa kelas XI MIA VII SMA Negeri 2 Palu. Kata Kunci: Etika bergaul di sekolah, Kemampuan interaksi sosial di sekolah.

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up