Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulPengaruh Konseling Kelompok Teknik Self Instruction Terhadap Peningkatan Percaya Diri Dalam Bergaul (studi Kasus Di SMP Negeri 8 Palu)
Nama: NURFITRI KINITAON
Tahun: 2019
Abstrak
ABSTRAK Nurfitri Kinitaon, 2019 Pengaruh Konseling Kelompok Teknik Self Instruction Terhadap Peningkatan Percaya Diri Dalam Bergaul (Studi Kasus di SMP Negeri 8 Palu). Skripsi, Program Studi Bimbingan dan Konseling, Jurusan Ilmu Pendidikan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Tadulako, Pembimbing (I) H. Muh. Mansyur Thalib, Pembimbing(II).Munifah, Permasalahan utama dalam penelitian ini adalah apakah tingkat percaya diri dalam bergaul sesudah mengikuti konseling kelompok teknik self instruction lebih rendah jika dibandingkan dengan sebelum mengikuti konseling kelompok teknik self instruction. Tujuan utama penelitian ini adalah menjelaskan pengaruh konseling kelompok teknik self instruction dalam meningkatkan percaya diri dalam bergaul siswa. Subjek dalam penelitian ini adalah 8 orang siswa. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket percaya diri dalam bergaul siswa. Data penelitian selanjutnya dianalisis dengan analisis deskriptif dan analisis inferensial dengan menggunakan rumus wilcoxon sign rank test. Hasil analisis deskriptif menunjukkan bahwa sebelum mengikuti konseling kelompok teknik self instruction, siswa 25% memiliki percaya diri dalam bergaul yang sangat rendah, siswa 75% memiliki percaya diri yang sangat rendah. Sesudah mengikuti konseling kelompok teknik self instruction, terjadi peningkatan percaya diri dalam bergaul yaitu 50 % memiliki percaya diri dalam bergaul yang rendah, 37,5 % memiliki percaya diri dalam bergaul yang tinggi, 12,5% memiliki percaya diri dalam bergaul yang sangat tinggi. Hasil analisis inferensial hipotesis nol (Ho) ditolak (tidak diterima), berdasarkan nilai tersebut dapat menunjukan bahwa nilai Thitung < nilai Ttabel atau 0 ? 4. Hasil penelitan menunjukan bahwa percaya diri dalam bergaul sesudah mengikuti layanan konseling kelompok teknik self instruction berpengaruh dalam peningkatan percaya diri dalam bergaul siswa SMP Negeri 8 Palu Kata Kunci: Teknik Self Instruction, Percaya Diri Dalam Bergaul.

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up