JudulPengaruh Layanan Informasi Disiplin Belajar Terhadap Kemandirian Belajar Siswa Kelas VIII SMP Negeri 17 Palu |
Nama: SUBURIA |
Tahun: 2019 |
Abstrak Permasalahan utama dalam penelitian ini adalah apakah ada pengaruh positif pemnberian layanan informasi disiplin belajar terhadap kemandirian belajar siswa. Penelitian ini memiliki tujuan untuk mendeskripsikan peningkatan kemandirian belajar siswa sebelum dan sesudah diberikan layanan informasi disiplin belajar terhadap kemandirian belajar siswa. Subjek dalam penelitian ini berjumlah 18 orang siswa. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data penelitian ini adalah angket kemandirian belajar. Data yang diperoleh selanjutnya diolah dan dianalisis secara deskriptif dan inferensial. Teknik statistik yaitu uji t (satu ekor). Hasil analisis deskriptif menunjukkan bahwa kemandirian belajar siswa sebelum diberikan layanan informasi disiplin belajar yaitu 77,78% siswa memiliki kemandirian belajar sangat rendah, dan 22,22% siswa yang memiliki kemandirian belajar rendah. Sedangkan sesudah diberikan layanan inforrmasi disiplin belajar maka terjadi peningkatan kemandirian belajar siswa yaitu 50% siswa memiliki kemandirian belajar sangat rendah, 27,78% siswa memiliki kemandirian belajar rendah, dan 22,22% siswa yang memiliki kemandirian belajar tinggi. Dari hasil analisis inferensial menunjukan bahwa ada pengaruh positif layanan informasi disiplin belajar terhadap kemandirian belajar siswa.Hal ini menunjukkan bahwa layanan informasi disiplin belajar efektif untuk meningkatkan kemandirian belajar siswa. |