JudulPENGARUH LAYANAN INFORMASI ETIKA BERGAUL TERHADAP PERILAKU MORAL SOSIAL SISWA KELAS VIII B MTS. AL-ISTIQAMAH LASOANI |
Nama: SUARTI.S |
Tahun: 2019 |
Abstrak Permasalahan utama dalam penelitian ini adalah apakah ada pengaruh positif pemberian layanan informasi etika bergaul terhadap perilaku moral sosial siswa kelas VIII B MTs. Al-Istiqamah Lasoani. Tujuan penelitian ini adalah untuk menjelaskan pengaruh positif pemberian layanan informasi etika bergaul terhadap perilaku moral sosial siswa. Subjek dalam pelitian ini berjumlah 23 siswa. Instrument yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket perilaku moral sosial. Data yang diperoleh selanjutnya diolah dan dianalisis secara deskriptif dan inferensial. Pengujian hipotesis nol (H0) dilakukan dengan menggunakan teknik statistic yaitu uji t (satu ekor) pada taraf kepercayaan 95%. Hasil analisis deskriptif menunjukkan bahwa sebelum diberikan layanan informasi etika bergaul, terdapat 65,22% siswa yang memiliki perilaku moral sosial cukup baik dan 34,78% siswa yang memiliki kurang baik. Setelah diberikan layanan informasi etika bergaul, terjadi peningkatan perilaku moral sosial, antara lain: terdapat 26,08% siswa yang memiliki perilaku moral sosial baik, ada 56,52% siswa yang memiliki perilaku moral sosial cukup baik, dan 17,40% siswa berada pada klasifikasi perilaku moral sosial kurang baik. Hasil analisis inferensial diperoleh kesimpulan bahwa ada pengaruh positif pemberian layanan informasi etika bergaul terhadap perilaku moral sosial siswa. Maka hasil penelitian ini membuktikan bahwa ada pengaruh positif pemberian layanan informasi etika bergaul terhadap perilaku moral sosial siswa kelas VIII B MTs. Al-Istiqamah Lasoani. |