JudulEFEKTIVITAS LAYANAN INFORMASI MANAJEMEN WAKTU DENGAN MEDIA MIND MAP DALAM MENINGKATKAN INTENSITAS BELAJAR SISWA KELAS VIII C Di MTs AL-ISTIQAMAH LASOANI |
Nama: Danial Sofyan |
Tahun: 2019 |
Abstrak Permasalahan dalam penelitian ini adalah apakah layanan informasi manajemen waktu dengan media mind map efektif dalam meningkatkan intensitas belajar siswa kelas VIII C MTs Al-Istiqamah Lasoani. Tujuan penelitian ini adalah menjelaskan efektivitas layanan informasi manajemen waktu dengan media mind map dalam meningkatkan intensitas belajar siswa kelas VIII C MTs Al-Istiqamah Lasoani. Subjek penelitian ini berjumlah 20 siswa. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket intensitas belajar siswa. Data yang diperoleh dalam penelitian ini dianalisis secara deskriptif dan inferensial dengan menggunakan rumus uji-t (satu ekor). Hasil analisis deskriptif menunjukkan bahwa intensitas belajar siswa sebelum diberikan layanan informasi manajemen waktu dengan media mind map yaitu 10% siswa yang memiliki intensitas belajar tinggi, 65% siswa yang memiliki intensitas belajar rendah dan 25% siswa yang memiliki intensitas belajar sangat rendah. Sedangkan sesudah diberikan layanan informasi manajemen waktu dengan media mind map maka terjadi peningkatan intensitas belajar siswa yaitu 50% siswa yang memiliki intensitas belajar tinggi, 40% siswa yang memiliki intensitas belajar rendah dan 10% siswa yang memiliki intensitas belajar sangat rendah. Hasil analisis inferensial menunjukkan bahwa layanan informasi manajemen waktu dengan media mind map efektif dalam meningkatkan intensitas belajar siswa kelas VIII C MTs Al-Istiqamah Lasoani. |