| JudulUPAYA MENGURANGI PERASAAN RENDAH DIRI (INFERIORITY) MELALUI LAYANAN KONSELING KELOMPOK RASIONAL EMOTIF PADA SISWA KELAS XI SMA NEGERI 4 PALU |
| Nama: MUHAMMAD HASAN MAULANA |
| Tahun: 2017 |
| Abstrak Muhammad Hasan Maulana, 2017. Upaya Mengurangi Perasaan Rendah Diri (Inferiority) Melalui Layanan Konseling Kelompok Rasional Emotif pada Siswa Kelas XI SMA Negeri 4 Palu. Skripsi, Program Studi Bimbingan dan Konseling, Jurusan Ilmu Pendidikan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing (I) Abdul Munir (II) Ridwan Syahran Kata Kunci : Perasaan Rendah Diri (Inferiority), Konseling Kelompok Rasional Emotif Permasalahan dalam penelitian ini adalah apakah penggunaan konseling kelompok rasional emotif dapat mengurangi perasaan rendah diri siswa. Tujuan penelitan ini adalah untuk mengurangi perasaan rendah diri siswa dengan menggunakan layanan konseling kelompok rasional emotif. Jenis penelitian ini merupakan jenis penelitian tindakan (action research) bimbingan dan konseling dengan menggunakan model kemmis dan mc taggar. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus dan setiap siklusnya terdiri dari empat tahap, yaitu : perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah 6 siswa yang memiliki masalah rendah diri. Jenis tindakan yang dilakukan adalah layanan konseling kelompok rasional emotif yang dilaksanakan dalam 2 siklus dan 6 tindakan. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan pedoman observasi dan wawancara. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa setelah dilaksanakan siklus I, persentase perasaan rendah diri siswa berkurang sebesar 36,36%. Sedangkan pada siklus II persentase perasaan rendah diri siswa berkurang sebesar 59,18%. Hasil penelitian ini menunjukan tingkat keberhasilan dari pelaksanaan layanan konseling kelompok rasional emotif pada siklus II yang diperbaiki berdasarkan hasil refleksi dari siklus I. jadi dapat disimpulkan bahwa perasaan rendah diri siswa kelas XI SMA Negeri 4 Palu berkurang dengan menggunakan layanan konseling kelompok rasional emotif |