| JudulEFEKTIVITAS LAYANAN KONSELING KELOMPOK KOGNITIF - PERILAKU DALAM MENGURANGI PROKRASTINASI AKADEMIK SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 9 PALU |
| Nama: NENENG TRI HANDAYANI |
| Tahun: 2017 |
| Abstrak Permasalahan dalam penelitian ini adalah apakah tingkat prokrastinasi akademik siswa sesudah diberikan layanan konseling kelompok kognitif-perilaku lebih rendah dibandingkan sebelum diberikan layanan konseling kelompok kognitifperilaku. Tujuan penelitian ini adalah menjelaskan keefektifan layanan konseling kelompok kognitif-perilaku dalam mengurangi prokrastinasi akademik siswa. Subjek penelitian ini berjumlah 6 orang. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah angket. Data diolah dan dianalisis secara deskriptif dan inferensial dengan menggunakan rumus wilcoxon sign rank test. Hasil analisis deskriptif menunjukkan bahwa sebelum diberikan layanan konseling kelompok kognitif-perilaku, terdapat 16,67% siswa yang memiliki perilaku prokrastinasi akademik yang sangat tinggi, terdapat 50% siswa yang memiliki perilaku prokrastinasi akademik yang tinggi, dan terdapat 33,33% siswa yang memilki perilaku prokrastinasi akademik yang sedang. Sesudah diberikan layanan konseling kelompok kognitif-perilaku, terjadi pengurangan perilaku prokrastinasi akademik antara lain: terdapat 33,33% siswa yang memiliki perilaku prokrastinasi akademik yang tinggi, 16,67% siswa yang memiliki perilaku prokrastinasi akademik yang sedang, dan 50% siswa yang memiliki perilaku prokrastinasi akademik yang rendah. Hasil analisis inferensial menunjukan bahwa perilaku prokrastinasi akademik siswa SMP Negeri 9 Palu sesudah diberikan layanan konseling kelompok kognitif-perilaku lebih rendah dibandingkan sebelum diberikan layanan konseling kelompok kognitif-perilaku. |