JudulHubungan Pola Asuh Demokratis Orang Tua Dengan Kebiasaan Belajar Siswa SMP Negeri 2 Sindue |
Nama: RIZKI FADLULLAH |
Tahun: 2020 |
Abstrak ABSTRAK Rizki Fadlullah, 2019. Hubungan Pola Asuh Demokratis Orang Tua Dengan Kebiasaan Belajar Siswa di SMP Negeri 2 Sindue. Skripsi, Program Studi Bimbingan dan Konseling, Jurusan Ilmu pendidikan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing (I) Dr. H. Muh. Mansyur Thalib, Pembimbing (II) Munifah. Permasalahan dalam penelitian ini adalah apakah ada hubungan pola asuh demokratis orang tua dengan kebiasaan belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan hubungan pola asuh demokratis orang tua dengan kebiasaan belajar siswa. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 242 orang siswa, sampel yang diambil sebanyak 110 orang siswa yang diambil secara stratified cluster sampling. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data penelitian ini adalah angket pola asuh demokratis orang tua dan angket kebiasaan belajar siswa. Pengujian hipotesis penelitian dilakukan menggunakan teknik korelasi product moment pada signifikan 95% (?=0,05). Hasil analisis deskriptif menunjukkan bahwa terdapat terdapat 22 atau 20 % siswa yang pola asuh demokratis orang tua yang sangat demokratis, 65 atau 60 % siswa yang pola asuh demokratis orang tua yang demokratis, 22 atau 20 % siswa yang pola asuh demokratis orang tua yang tidak demokratis, serta 1 atau 0 % siswa yang pola asuh demokratis orang tua yang sangat tidak demokratis. Sedangkan terdapat 9 atau 8 % siswa memiliki kebiasaan belajar yang sangat baik, 64 atau 58 % siswa memiliki kebiasaan belajar yang baik, 37 atau 34 % siswa memiliki kebiasaan belajar yang tidak baik. Hasil analisis inferensial menunjukan bahwa ada hubungan pola asuh demokratis orang tua dengan kebiasaan belajar siswa. Kata Kunci : Pola Asuh Demokratis Orang Tua, Kebiasaan Belajar Siswa |