JudulPENGARUH LAYANAN KONSELING KELOMPOK TEKNIK KURSI KOSONG TERHADAP PENGURANGAN KECEMASAN KOMUNIKASI PADA SISWA SMA NEGERI 6 PALU |
Nama: DESTRIN MONALISA |
Tahun: 2019 |
Abstrak ABSTRAK Destrin Monalisa, 2018. Pengaruh Layanan Konseling Kelompok Teknik Kursi Kosong Terhadap Pengurangan Kecemasan Komunikasi Pada Siswa SMA Negeri 6 Palu. Skripsi, Program Studi Bimbingan Dan Konseling, Jurusan Ilmu Pendidikan, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako, Pembimbing (I) Abd. Munir, Pembimbing (II) Munifah Permasalahan dalam penelitian ini adalah apakah ada pengurangan kecemasan komunikasi siswa setelah mengikuti layanan konseling kelompok teknik kursi kosong. Tujan utama penelitian ini adalah menjelaskan pengaruh layanan konseling kelompok teknik kursi kosong terhadap pengurangan kecemasan komunikasi. Subjek dalam penelitian ini adalah 6 orang siswa. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah skala kecemasan berbicara. Data penelitian selanjutnya dianalisis secara deskriptif dan inferensial dengan menggunakan rumus wilcoxon sign rank test. Hasil analisis deskriptif menunjukan bahwa sebelum mengikuti layanan konseling kelompok teknik kursi kosong siswa ARN memiliki kecemasan komunikasi yang sangat tinggi, siswa DP, RA, RI memiliki kecemasan komunikasi yang tinggi, siswa yaitu AS dan RM memiliki kecemasan komunikasi yang rendah. Sesudah mengikuti layanan konseling kelompok teknik kursi kosong terjadi penurunan kecemasan komunikasi yaitu siswa DP memiliki kecemasan komunikasi sangat rendah, ada siswa yaitu ARN memiliki kecemasan komunikasi yang tinggi, ada siswa yaitu RI memiliki kecemasan komunikasi yang rendah, dan ada siswa yaitu RM memiliki kecemasan komunikasi yang sangat rendah. Siswa yang mengalami pengurangan kecemasan komunikasi dipengaruhi oleh kesadaran diri siswa tersebut untuk berubah, serta antusias siswa dalam mengikuti kegiatan konseling sehingga konseling kelompok teknik kursi kosong berjalan dengan efektif. Adanya dinamika kelompok yang baik juga membantu siswa untuk dapat berinteraksi dengan baik kepada peneliti dan anggota kelompok lainnya. Hasil analisis inferensial menunjukan bahwa kecemasan komunikasi yang dialami oleh siswa lebih rendah sesudah mengikuti layanan konseling kelompok teknik kursi kosong. Hasil Penelitian ini menunjukan bahwa layanan konseling kelompok berpengaruh terhadap pengurangan kecemasan komunikasi pada siswa SMA Negeri 6 Palu. Kata kunci : Konseling Kelompok Teknik Kursi Kosong, Kecemasan Komunikasi |