Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulPENGARUH LAYANAN INFORMASI PERILAKU ASERTIF TERHADAP PENGURANGAN KONFORMITAS PEER GROUP SISWA KELAS VIII B SMP NEGERI 7 PALU
Nama: WAWAN HERMAWAN
Tahun: 2017
Abstrak
Wawan Hermawan, 2017. Pengaruh Layanan Informasi Prilaku Asertif Terhadap Pengurangan Konformitas Peer Group Siswa Kelas VIII B SMP Negeri 7 Palu. Skripsi, Program Studi Bimbingan Dan Konseling, Jurusan Ilmu Pendidikan, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Tadulako, Pembimbing (I) Abd. Munir (II) Ridwan Syahran. Kata Kunci : Perilaku Asertif, Konformitas Peer Group. Permasalahan dalam penelitian ini adalah apakah tingkat konformitas peer group sesudah diberikan layanan informasi perilaku asertif lebih rendah dibandingkan dengan sebelum pelaksanaan layanan informasi perilaku asertif. Tujuan utama penelitian ini untuk menjelaskan pengaruh positif layanan informasi perilaku asertif terhadap pengurangan konformitas peer group siswa. Subjek dalam penelitian ini adalah 23 siswa. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket konformitas peer group siswa. Data penelitian selanjutnya dianalisis dengan analisis deskriptif dan analisis inferensial dengan menggunakan rumus uji t (satu ekor). Berdasarkan hasil analisis desktiptif sesudah diberikan layanan informasi perilaku asertif yaitu 8,7% siswa yang memiliki konformitas peer group sangat tinggi. 39,1% siswa yang konformitas peer group tinggi dan 52,2% siswa yang memiliki konformitas peer group rendah. Hasil deskriptif memperlihatkan pengurangan konformitas peer group sebelum dan sesudah sebesar 60,87%. Hasil analisis inferensial diperoleh kesimpulan bahwa ada pengaruh positif layanan informasi perilaku asertif terhadap pengurangan konformitas peer group siswa kelas VIII B SMP Negeri 7 Palu.

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up