| JudulEFEKTIFITAS LAYANAN KONSELING KELOMPOK DALAM MENGURANGI PERILAKU AGRESIF VERBAL SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 19 PALU |
| Nama: F A D L A N |
| Tahun: 2015 |
| Abstrak ABSTRAK Fadlan, 2015. Efektivitas Layanan Konseling Kelompok dalam Mengurangi Perilaku Agresif Verbal Siswa Kelas VIII SMP Negeri 19 Palu. Skripsi, Program Studi Bimbingan dan Konseling, Jurusan Ilmu Pendidikan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing (I) Abd. Munir (2) Bau Ratu. Kata Kunci : Konseling Kelompok, Perilaku Agresif Verbal Permasalahan pokok dalam penelitian ini adalah bagaimana perilaku agresif verbal siswa sesudah mengikuti layanan konseling kelompok lebih rendah dibandingkan dengan sebelum mengikuti layanan konseling kelompok. Tujuan penelitian ini untuk menjelaskan perilaku agresif verbal siswa lebih rendah sesudah mengikuti layanan konseling kelompok dibandingkan dengan sebelum mengikuti layanan konseling kelompok. Subjek penelitian ini berjumlah 6 orang. Pemberian angket tahap pertama sebelum dilaksanakan layanan konseling kelompok, dan tahap kedua setelah dilaksanakan layanan konseling kelompok. Hasil penelitian selanjutnya dianalisis dengan analisis deskriftif dan analisis infrensial dengan menggunakan rumus wilcoxon sign rank test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perilaku agresif verbal siswa sebelum mengikuti layanan konseling kelompok ada 1 atau 16,67% siswa memiliki perilaku agresif verbal sangat tinggi, 2 atau 33,33% siswa memiliki perilaku agresif verbal tinggi, dan 3 atau 50% siswa memiliki perilaku agresif verbal sedang. Sesudah mengikuti layanan konseling kelompok, ada 2 atau 33,33% siswa memiliki perilaku agresif verbal sedang, 3 atau 50% siswa memiliki perilaku agresif verbal rendah, dan 1 atau 33,33 % siswa memiliki perilaku agresif verbal sangat rendah. Hasil analisis deskriptif menunjukkan bahwa perilaku agresif verbal siswa mengalami penurunan 83,34%. Maka, pelaksanaan konseling kelompok dapat menurunkan perilaku agresif verbal siswa. Berdasarkan hal tersebut, dapat disimpulkan bahwa ada penurunan perilaku agresif verbal siswa sesudah diberikan layanan konseling kelompok. |