JudulMENINGKATKAN KREATIVITAS ANAK MELALUIKEGIATAN MELIPAT KERTAS DI KELOMPOK B3 TK IMANUEL PALU |
Nama: SERLI DUMA |
Tahun: 2020 |
Abstrak Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah, apakah kegiatan melipat kertas dapat meningkatkan kreatifitas anak ?. tujuan penelitian adalah untuk meningkatkan kreatifitas anak melalui kegiatan melipat kertas. Desain penelitian meliputi model alur yaitu 1. Perencanaan, 2. Pelaksanaan Tindakan, 3. Observasi dan 4. refleksi. Setting penelitian ini dilaksanakan di TK Imanuel Palu. Subjeknya anak kelompok B yang berjumlah 15 Anak, 6 lakilaki dan 9 Perempuan. Teknik Pengumpulan data yaitu, observasi, pemberian tugas dan dokumentasi. selanjutnya dianalisis dengan cara teknik presentase. Hasil penelitian pra tindakan kemampuan anak melipat kertas menjadi bentuk pesawat terdapat 33.33% kategori BSB, BSH dan MB. kemampuan anak melipat kertas menjadi bentuk bunga terdapat 26,67% kategori BSB, BSH dan MB. kemampuan anak melipat kertas menjadi bentuk gunung terdapat 26,67% kategori BSB, BSH dan MB. kemampuan anak melipat kertas menjadi bentuk perahu terdapat 26,67% kategori BSB, BSH dan MB. Setelah dilakukan tindakan maka dapat disimpulkan bahwa kegiatan melipat kertas dapat meningkatkan kreativitas anak, terbukti dengan adanya peningkatan dari siklus I ke Siklus II. kemampuan anak melipat kertas menjadi bentuk pesawat terdapat 86,67%(33,34%) kategori BSB, BSH dan MB. kemampuan anak melipat kertas menjadi bentuk bunga terdapat 53,33% meningkat menjadi 86%(33,34%) kategori BSB, BSH dan MB. kemampuan anak melipat kertas menjadi bentuk gunung terdapat 53,33% meningkat menjadi 86%(33,34%) kategori BSB, BSH dan MB. kemampuan anak melipat kertas menjadi bentuk perahu terdapat 53,33% meningkat menjadi 86%(33,34%) kategori BSB, BSH dan MB. Namun masih terdapat 13,33 % anak yang masuk kategori belum berkembang |