JudulPENERAPAN MEDIA GAMBAR SERI DALAM PEMBELAJARAN BERCERITA DI KELAS IV DI SD INPRES 1 TANAMODINDI |
Nama: SELFIN OSTARINA PAGALU |
Tahun: 2019 |
Abstrak ABSTRAK Selfin Ostarina Pagalu, 2015. Penerapan Media Gambar Seri dalam Pembelajaran Bercerita di Kelas IV SD Inpres 1 Tanamodindi, Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Ilmu Pendidikan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing (1) Saharudin Barasandji, (2) Sitti Harisah. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana penerapan media gambar seri dalam pembelajaran bercerita di Kelas IV SD Inpres 1 Tanamodindi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan media gambar seri dalam pembelajaran bercerita di Kelas IV SD Inpres 1 Tanamodindi. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, yaitu peneliti mengumpulkan data dengan cara langsung pada situasi tempat penelitian melalui observasi/pengamatan dan wawancara dengan orang yang telah ditetapkan sebagai sampel. Teknik pengumpulan data yaitu menggunakan lembar observasi guru dan siswa, angket minat siswa dan dokumentasi. Teknik analiiss data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data, dan verifikasi. Hasil yang diperoleh dari pengamatan peneliti selama pembelajaran berlangsung yaitu : (1) meningkatkan pemahaman siswa setelah penggunaan media gambar seri dalam pembelajaran bercerita, (2) menimbulkan minat siswa belajar bahasa Indonesia yang dibuktikan dengan hasil angket yang dibagikan kepada masing-masing siswa setelah pembelajaran, (3) kemampuan siswa bercerita nampak saat guru menyuruh siswa menampilkan hasil ceritanya di depan guru dan teman-temannya. Kata kunci : Media Gambar Seri, Pembelajaran Bercerita |