JudulMeningkatkan Kemampuan Menulis Karangan Narasi Melalui Pengalaman Menarik Pada Siswa Kelas V SD GKST HANGGIRA |
Nama: IMELDA PESORA |
Tahun: 2019 |
Abstrak Selama ini pembelajaran Bahasa Indonesia di kelas V SD GKST Hanggira terutama pada materi menulis karangan, siswa masih kesulitan untuk menuangkan ide dan menggunakan bahasa indonesia yang baik dan benar. Oleh karena itu, Peneliti melakukan tindakan dengan menerapkan metode pembelajaran melalui pengalaman menarik untuk meningkatkan kemampuan menulis karangan narasi. Subjek penelitian ini adalah siswa Kelas V SD GKST Hanggira Tahun pelajaran 2014-2015, dengan jumlah siswa sebanyak 17 siswa yang terdiri dari 8 putra dan 9 putri. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas ( PTK ) dengan tahapan perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Hasil penelitian membuktikan bahwa metode pembelajaran melalui pengalaman menarik dapat meningkatkan kemampuan menulis karangan narasi. Hal itu terlihat dari data observasi siswa siklus I memperoleh 76,66 dan siklus ke II sebesar 90,47 peningkatan terjadi sebesar 13,81%. |