JudulMENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF DI KELAS III SDN 3 SIDONDO KAB SIGI |
Nama: ROSTINI |
Tahun: 2023 |
Abstrak Permasalahan dalam penelitian ini yaitu apakah model pembelajaran kooperatif dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas III pada mata pelajaran IPS di SDN 3 Sidondo Kab Sigi? Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui apakah model pembelajaran kooperatif dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas III pada mata pelajaran IPS di SDN 3 Sidondo Kab Sigi. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan di SDN 3 Sidondo Kab Sigi, melibatkan 12 orang siswa terdiri atas 6 orang laki-laki dan 6 orang perempuan yang terdaftar pada tahun ajaran 2015/2016. Penelitian ini menggunakan desain penelitian Kemmis dan Mc. Taggart yang terdiri atas dua siklus. Di mana pada setiap siklus dilaksanakan dua kali pertemuan di kelas dan setiap siklus terdiri empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada pada Pra tindakan persentase daya serap klasikal mencapai 48,33?n ketuntasan belajar klasikal 33,33%. Hasil tindakan siklus I menunjukkan persentase daya serap klasikal mencapai 67,50?n ketuntasan belajar klasikal mencapai 67%. Hasil tindakan siklus II menunjukkan persentase daya serap klasikal mencapai 88,33?n ketuntasan belajar klasikal 100%. Hal ini berarti pembelajaran pada siklus II telah memenuhi indikator keberhasilan dengan ketuntasan belajar klasikal minimal 80?n persentase daya serap klasikal minimal 65%. Dengan demikian, maka dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS di kelas III SDN 3 Sidondo Kab Sigi Kata Kunci: Hasil Belajar Siswa dan Model Pembelajaran Kooperatif |