Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulMENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI PERKALIAN DAN PEMBAGIAN PECAHAN BIASA MELALUI PENDEKATAN PEMBELAJARAN SCIENTIFIC DI KELAS V SDN 3 SAMALILI
Nama: SAKMAWATI
Tahun: 2019
Abstrak
Pokok masalah pada penelitian ini adalah kesulitan siswa SDN 3 Samalili dalam menyelesaikan soal operasi perkalian dan pembagian pecahan biasa. Untuk mengatasi hal tersebut diterapkan pendekatan pembelajaran Scientific. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan di kelas V SDN 3 Samalili, melibatkan 24 orang siswa yang terdaftar pada tahun ajaran 2014/2015. Penelitian ini menggunakan desain penelitian Kemmis dan Mc. Taggart yang terdiri atas dua siklus, pada setiap siklus dilaksanakan satu kali pertemuan di kelas dan setiap siklus terdiri empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada tindakan siklus I diperoleh ketuntasan klasikal 45,83?n daya serap klasikal 52,08% Pada tindakan siklus II diperoleh ketuntasan klasikal 87,5?n daya serap klasikal 77%. Hal ini berarti pembelajaran pada siklus II telah memenuhi indikator keberhasilan dengan nilai daya serap klasikal minimal 70?n ketuntasan belajar klasikal minimal 80%. Berdasarkan nilai rata-rata daya serap klasikal dan ketuntasan belajar klasikal pada kegiatan pembelajaran siklus II, maka dapat disimpulkan bahwa perbaikan pembelajaran dengan menggunakan pendekatan pembelajaran Scientific dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran matematika materi perkalian dan pembagian di kelas V SDN 3 Samalili. Kata Kunci :PendekatanScientific, HasilBelajar, Perkalian dan Pembagian Pecahan

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up