JudulMeningkatkan Pukulan Forehand Tenis Meja Dengan Menggunakan Tutor Sebaya Pada Siswa Kelas IV SDN No. 1 Toaya |
Nama: SYAFAAT |
Tahun: 2022 |
Abstrak ABSTRACT Syafaat. 2019. Meningktakan Pukulan Forehand Tenis Meja Dengan Menggunakan Tutor Sebaya Padfa Siswa Kelas IV SDN No 1 Sindue. Skripsi. Program Studi Pendidikan Jasmani Kesehatan Dan Rekreasi, Jurusan Ilmu Pendidikan Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan. Universitas Tadulako. Pembimbing (I) Humaedi (II) Akhwan Abduh. Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar pukulan forehand pada permainan tenis meja siswa kelas IV SDN No 1 Sindue. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dengan menggunakan tutor sebaya diharapkan dapat meningkatkan pukulan forehand permainan tenis meja pada siswa kelas IV SDN No 1 Sindue. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan di SDN No.1 Sindue pada siswa kelas IV, yang berjumlah 15 orang siswa. Penelitain ini dilaksanakan selama dua kali tindakan (siklus). setiap Tindakan meliputi perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Tehnik pengumpulan data melalui tes unjuk pukulan forehand dan observasi. Indikator keberhasilan ketuntasan klasikal sebesar 80?n ketuntasan daya serap individu sebesar 75. Berdasarkan hasil tes awal siswa yang tuntas 5 orang dengan ketuntasan klasikal sebesar 33.33?ngan nilai rata-rata daya serap individu sebesar 60,83. Pada siklus I siswa yang tuntas 9 orang dengan ketuntasan klasikal sebesar 60?n nilai rata-rata daya serap individu sebesar 70,83. pada siklus II siswa yang tuntas 13 orang dengan ketuntasan klasikal sebesar 86,66?n nilai rata-rata daya serap individu sebesar 80,83. dari hasil analisis data terjadi peningkatan 26,67?ri hasi, tes awal ke hasil siklus I dan sebesar 26,66 dari siklus I ke siklus II. Kata Kunci : Pukulan Forehand, Tutor Sebaya, Dan Tenis Meja ABSTRACT Syafaat. 2019. Improving Table Tennis Forehand Punches Using Peer Tutors For Students In Grade IV SDN No. 1 Sindue. Skripsi. Health And Recreation Physical Education Study Program. Departemen Of Education Faculty Of Teacher Training And Education. Tadulako University. Supervisor ( I) Humaedi (II) Ikhwan Abduh. The problem in this study is the low learning outcomes of forehand in the table tennis game of the fourth grade students of SDN No 1 Sindue. This study aims to determine using peer tutors which are expected to increase the forehand punc of table tennis games for grade IV students of SDN No. 1 Sindue. the research method used was the classroom action research (CAR) method carried out at SDN no. 1 sindue in class IV students, totaling 15 students. this research was conducted during two actions (cycle). Every action includes planning, implementing, observing, and reflecting. data collection techniques trought ferehand performance test and observastions. indicators of classical mastery success by 80 % and completeness of individual absorption by 75. Based on the result of 33.33 % with an average value of individual absorption of 60.83. In the firs cycle studrnts who completed 9 people with a clasiccal completeness of 60% and an average value of individual absorption of 70.83. In cycle II students who completed 13 people with classical completeness was 86.66% and the average value of individual absorption was 80.83. From the result of data analysis an increase of 26.67% from the initial test result to the result of the first cycle and by 26.66% from the first cycle to the second cycle. Keywords : Forehand Punch, Peer Tutor, And Table Tennis. |