JudulMENINGKATKAN KEMAMPUAN KOGNITIF ANAK MELALUI MEDIA REALITA DI TK GETSEMANI LEMPE KAB.POSO |
Nama: Deys Christy |
Tahun: 2019 |
Abstrak Deys Christy N. Benu, 2019. Meningkatkan Kemampuan Kognitif Anak Melalui Media Realita di TK Getsemani Lempe Kabupaten Poso. Skripsi, Program Studi SI PG PAUD. Jurusan Ilmu Pendidikan. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Tadulako. Pembimbing (1) Muraeni Mursanib (2) Amrullah Permasalahan pokok dalam penelitian ini adalah apakah melalui penggunaan media realita dapat meningkatkan kemampuan kognitif anak di TK Getsemani Lempe Kabupaten Poso?. Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan kemampuan kognitif anak melalui penggunaan media realita di TK Getsemani Lempe Kabupaten Poso. Setting penelitian ini yaitu anak di TK Getsemani Lempe yang berjumlah 17 anak terdiri dari laki-laki 10 anak dan 7 anak perempuan. Rancangan penelitian yang digunakan adalah model tindakan kelas. Data dikumpulkan dengan cara observasi, tindakan, wawancara dan dokumentasi. Berdasarkan data yang dikumpulkan, ternyata diperoleh hasil yang cukup signifikan tentang peningkatan kemampuan kognitif anak melalui penggunaan media realita di TK Getsemani Lempe. Data yang dikumpulkan sebelum dilaksanakan tindakan yaitu, pada pengamatan menyebutkan nama buah-buahan 5,88% kategori BSB, 11,76% kategori BSH, 17,64% kategori MB dan 64,70% kategori BB. Pengamatan kegiatan menghubungkan angka dengan gambar buahbuahan 11,76% kategori BSB, 11,76% kategori BSH, 17,64% kategori MB, dan 58,82% kategori BB. Pengamatan kegiatan mengelompokkan 4 macam buahbuahan 5,88% kategori BSB, 5,88% kategori BSH, 11,76% kategori MB, dan 76,47% kategori BB. Pengamatan kegiatan menunjukkan dan menyebutkan bagian buah-buahan 5,88% kategori BSB, 11,76% kategori BSH, 11,76% kategori MB, dan 70,58% kategori BB Selanjutnya setelah dilaksanakan tindakan kelas, diperoleh hasil akhir pada siklus II yaitu, pada pengamatan menyebutkan nama buah-buahan 29,41% kategori BSB, 58,82% kategori BSH, 5,88% kategori MB dan 5,88% kategori BB. Pengamatan kegiatan menghubungkan angka dengan gambar buah-buahan 35,29% kategori BSB, 52,94% kategori BSH, 5,88% kategori MB, dan 5,88% kategori BB. Pengamatan kegiatan mengelompokkan 4 macam buah 35,29% kategori BSB, 47,05% kategori BSH, 11,76% kategori MB, dan 5,88% kategori BB. Pengamatan kegiatan menunjukkan dan menyebutkan bagian buah-buahan 35,29% kategori BSB, 52,94% kategori BSH, 5,88% kategori MB, dan 5,88% kategori BB.Melihat data di atas, maka dapat disimpulkan bahwa penggunaan media realita dapat membantu meningkatkan kemampuan kognitif anak di TK Getsemani Lempe Kabupaten Poso. Kata Kunci: kemampuan kognitif dan media realita |