JudulPENINGKATAN KEMAMPUAN ANAK MENGENAL BENTUK GEOMETRI MELALUI BERMAIN KONSTRUKTIF DI KELOMPOK B PAUD TERPADU SULAWESI PERMATA BANGSA PALU |
Nama: SITI SUNDARIYAH |
Tahun: 2019 |
Abstrak ABSTRAK Siti Sundariyah (2019) Peningkatan Kemampuan Anak Mengenal Bentuk Geometri Melalui Bermain Konstruktif di Kelompok B PAUD Terpadu Sulawesi Permata Bangsa Tondo Palu. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Jurusan Ilmu Pendidikan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Kependidikan, Universitas Tadulako, Pembimbing (I) Andi Agusniatih, (II) Fitriana. Permasalahan dalam penelitian ini, yaitu kemampuan anak mengenal bentuk geometri belum berkembang sesuai harapan. Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan kemampuan anak mengenal bentuk geometri melalui bermain konstruktif. Subyek penelitian adalah anak kelompok B PAUD Terpadu Sulawesi Permata Bangsa Tondo Palu yang berjumlah 16 anak terdaftar pada tahun ajaran 2018/2019. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang menggunakan desain Kemmis dan Mc. Taggart, dilaksanakan secara bersiklus. Teknik pengumpulan data melalui observasi dan dokumentasi. Data dianalisa secara persentase dan deskripsi.Data pra tindakan kemampuan anak menyebutkan nama bentuk geometri terdapat 1 anak (6,25%) kategori Berkembang Sangat Baik (BSB), 2 anak (12,5%) kategori Berkembang Sesuai Harapan (BSH), 4 anak (25%) kategori Mulai Berkembang (MB) dan 9 anak (56,25%) kategori Belum Berkembang (BB). Kemampuan mengelompokkan benda sesuai bentuk geometri terdapat 1 anak (6,25%) kategori BSB, 2 anak (12,50%) BSH 3 anak (18,75%) kategori MB dan 10 anak (62,50%) kategori BB. Kemampuan anak membuat konstruksi sederhana dari bentuk geometri tidak ada anak (0%) kategori BSB, 1 anak (6,25%) kategori BSH, 5 anak (31,25%) kategori MB dan 10 anak (62,50%) kategori BB. Setelah melakukan tindakan terbukti adanya peningkatan kemampuan anak mengenal bentuk geometri dari siklus I ke siklus II. Aspek kemampuan menyebutkan nama bentuk geometri kategori BSB, BSH, MB dari 93,75% meningkat menjadi 100%, Kemampuan mengelompokkan benda sesuai bentuk geometri kategori BSB, BSH, MB dari 75% meningkat menjadi 100%. Kemampuan anak membuat konstruksi sederhana dari bentuk geometri kategori BSB, BSH, MB dari 68,75% meningkat menjadi 100%. Berdasarkan hasil penelitian terbukti bahwa melalui bermain konstruktif dapat meningkatkan kemampuan anak mengenal bentuk geometri di kelompok B PAUD Terpadu Sulawesi Permata Bangsa Tondo Palu.. |