Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulMENINGKATKAN PENERAPAN NILAI AGAMA ISLAM MORAL ANAK MELALUI METODE DEMONSTRASI DI KELOMPOK B PAUD NOSARARA PAL
Nama: Dewi Mastika Haruna
Tahun: 2019
Abstrak
Dewi Mastika Haruna. (2019). Meningkatkan Penerapan Nilai Agama Islam Moral Anak Melalui Metode Demonstrasi di Kelompok B PAUD Nosarara Palu. Skripsi, Program Studi S1 Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Jurusan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing I: Nurhayati, Pembimbing II: Fitriana. Masalah dalam penelitian ini adalah penerapan nilai moral agama islam anak masih rendah, terutama dalam kemampuan praktek wudhu, kemampuan praktek gerakan sholat, dan mencuci tangan sebelum dan sesudah makan. Hal ini disebabkan karena metode yang digunakan guru kurang maksimal, sehingga perkembangan penerapan nilai moral agama islam anak belum optimal yang berdampak pula pada hasil belajar. Tujuan penelitian ini untuk memperbaiki proses pembelajaran dengan menggunakan metode demonstrasi untuk meningkatkan penerapan nilai moral agama islam anak di kelompok B PAUD Nosarara Palu. Setting penelitian ini, yaitu anak kelompok B PAUD Nosarara Palu yang berjumlah 20 anak, terdiri dari 9 anak laki-laki dan 11 anak perempuan. Rancangan penelitian yang digunakan adalah tindakan kelas yang dimulai dari perencanaan, pelaksanakan tindakan, observasi dan refleksi, yang dilakukan secara bersiklus dengan 4 kali tindakan dalam 2 siklus. Data dikumpulkan dengan cara observasi, tanya jawab, pemberian tugas dan dokumentasi, serta alat yang digunakan adalah lembar observasi baik untuk aktivitas guru maupun murid. Selanjutnya dianalisa secara persentasi untuk menarik kesimpulan. Data yang dikumpulkan secara umum, terjadi peningkatan pada semua aspek, dimana pada siklus I terdapat 13,33?lam kategori Berkembang Sangat Baik (BSB) , 15?lam kategori Berkembang Sesuai Harapan (BSH), 15?lam kategori Mulai Berkembang (MB), serta 56,67?lam kategori Belum Berkembang (BB). Selanjutnya pada siklus II terdapat 30?lam kategori Berkembang Sangat Baik (BSB), 41,67?lam kategori Berkembang Sesuai Harapan (BSH), 15?lam kategori Mulai Berkembang (MB), serta 13,33?lam kategori Belum Berkembang (BB). Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa melalui metode demonstrasi dapat meningkatkan penerapan nilai moral agama islam anak. Kata Kunci: Penerapan Nilai Agama Islam Moral Anak, Metode Demonstrasi

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up