Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulMeningkatkan Interaksi Sosial Anak Melalui Metode Kerja Kelompok Di PAUD Sakinah Kota Palu
Nama: ARIATI
Tahun: 2019
Abstrak
Masalah utama dalam penelitian ini adalah interaksi sosial anak di Kelompok A PAUD Sakinah Kota Palu belum berkembang sesuai harapan. Penelitian ini bertujuan untuk memperbaiki interaksi sosial anak melalui metode kerja kelompok di Kelompok A PAUD. Penelitian dilakukan di Kelompok A PAUD Sakinah Kota Palu yang melibatkan 20 anak yang terdaftar pada tahun ajaran 2018/2019. Rancangan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah model penelitian oleh Kemmis dan Mc. Taggart dilakukan secara siklus dengan tahapan perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi.Data dikumpulkan dengan cara observasi dan dokumentasi. Analisis data dalam penelitian tindakan kelas ini dilakukan dengan teknik deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukkanpada pratindakan pada aspek kerjasama BSB (0,00%),BSH (10,00%),MB (15,00%),BB(75%).,Aspek saling berbagi BSB (1%),BSH (1%), MB (15%), dan MB (75%) Aspek sabar menunggu giliran BSB (5,00%) ,BSH (1%),MB (10%), BB(80%) .Setelah dilakukan tindakan siklus I Maka Untuk Aspek Bekerja sama BSB (1%),BSH (4%) MB (25%) BB(50%),Aspek saling berbagi BSB (5%) BSH (15%) MB (30%) MB (50%) dan aspek sabra menunggu giliran BSB (10%) BSH (15%) MB( 20%) Pada siklus II terjadi peningkatan Aspek Bekerja sama BSB(15%),BSH (45%),MB (25%)MB (15%) ,Aspek saling berbagi BSB (15%),BSH (40%).MB (25%) BB( 20%) dan aspek sabra menunggu giliran (18%),BSH (45%), MB (20%) BB(20%).jika dirata-ratakan peningkatan dari siklus I Ke Siklus II Berkisar 75,99%, Oleh karena itu dapat disimpulkan bahwa terjadi peningkatan interaksi sosial anak melalui metode kerja kelompok di Kelompok Ke-lompok A PAUD Sakinah Kota Palu.

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up