Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulMENINGKATKAN PERILAKU SOSIAL ANAK MELALUI METODE BERMAIN PERAN DI KELOMPOK B TAMAN KANAK-KANAK NEGERI PEMBINA PALU UTARA
Nama: Fatmin
Tahun: 2019
Abstrak
ABSTRAK Fatmin. (2019). Meningkatkan Perilaku Sosial Anak melalui Metode Bermain Peran di Kelompok B TK Negeri Pembina Palu Utara. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Jurusan Ilmu Pendidikan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Tadulako. Pembimbing (I) Andi Agusniatih (II) Sita Awalunisah. Masalah dalam penelitian ini adalah perilaku sosial anak belum berkembang sesuai harapan. Upaya mengatasi masalah tersebut dilakukan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) melalui metode bermain peran. Subjek penelitian anak kelompok B TK Negeri Pembina Palu Utara yang berjumlah 20 anak, terdaftar pada tahun ajaran 2018/2019. Teknik pengumpulan data yaitu observasi, pemberian tugas dan dokumentasi, data dianalisa dengan teknik persentase. Data pra tindakan kerjasama, terdapat 2 anak (10%) kategori berkembang sangat baik, 2 anak (10%) kategori berkembang sesuai harapan, 2 anak (10%) kategori mulai berkembang dan 14 anak (70%) kategori belum berkembang. Tanggung jawab, terdapat 1 anak (5%) kategori berkembang sangat baik, 2 anak (10%) kategori berkembang sesuai harapan, 2 anak (10%) kategori mulai berkembang dan 15 anak (75%) kategori belum berkembang. Sopan santun, 2 anak (10%) kategori berkembang sesuai harapan, 2 anak (10%) kategori mulai berkembang dan 16 anak (80%) kategori belum berkembang. Setelah dilakukan tindakan, terbukti adanya peningkatan perilaku sosial anak dari siklus I ke siklus II. Kerjasama kategori berkembang sangat baik, berkembang sesuai harapan, dan mulai berkembang dari 40% meningkat menjadi 90%. Tanggung jawab kategori berkembang sangat baik, berkembang sesuai harapan, dan mulai berkembang dari 55% meningkat menjadi 90%. Sopan santun kategori berkembang sangat baik, berkembang sesuai harapan, dan mulai berkembang dari 40% meningkat menjadi 85%. Rata-rata peningkatan kategori berkembang sangat baik, berkembang sesuai harapan, dan mulai berkembang dari siklus I ke siklus II yaitu 43,33%, namun masih terdapat 11,67% kategori belum berkembang. Sehingga dapat disimpulkan bahwa metode bermain peran dapat meningkatkan perilaku sosial anak di kelompok B TK Negeri Pembina Palu Utara. Kata Kunci: Perilaku Sosial; Metode Bermain Peran

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up