JudulMENINGKATKAN KEMAMPUAN MOTORIK KASAR MELALUI METODE DEMONSTRASI DI KELOMPOK B TK ANATA PURA PETIMBE KECAMATAN PALOLO KABUPATEN SIGI |
Nama: MEISKE |
Tahun: 2019 |
Abstrak ABSTRAK Meiske. 2019. Meningkatkan Kemampuan Motorik Kasar melalui Metode Demonstrasi di TK Anata Pura Petimbe. Skripsi, Program Studi SI PG PAUD. Jurusan Ilmu Pendidikan. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Tadulako. Pembimbing (1) I Putu Suwika (2) Besse Nirmala Permasalahan pokok dalam penelitian ini adalah kemampuan motorik kasar anak belum Berkembang Sesuai Harapan (BSH). Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan motorik kasar anak melalui penggunaan metode demonstrasi. Subjek dan setting penelitian ini adalah anak kelompok B yang berjumlah 20 anak terdiri dari laki-laki 12 anak dan 8 anak perempuan. Rancangan penelitian yang digunakan adalah model tindakan kelas. Data dikumpulkan dengan cara observasi, tindakan, wawancara dan dokumentasi. Berdasarkan data yang dikumpulkan, ternyata diperoleh hasil yang cukup signifikan tentang peningkatan kemampuan motorik kasar anak melalui penggunaan metode demonstrasi. Hasil akhir setelah dilaksanakan tindakan kelas, pada Aspek berjalan mengelilingi garis 30,00% kategori BSB, 55,00% kategori BSH, 10,00% kategori MB dan 5,00% kategori BB. Aspek kegiatan melompat 25,00% kategori BSB 60,00% kategori BSH, 10,00% kategori MB, dan 5,00% kategori BB. Aspek kegiatan berlari sambil melewati rintangan 25,00% kategori BSB, 60,00% kategori BSH, 15,00% kategori MB, dan 5,00% kategori BB. Aspek kegiatan menendang bola 30,00% kategori BSB, 55,00% kategori BSH, 10,00% kategori MB, dan 5,00% kategori BB. Melihat data di atas, maka dapat disimpulkan bahwa penggunaan metode demonstrasi dapat membantu meningkatkan kemampuan motorik kasar anak di TK Anata Pura Petimbe. Kata Kunci: Kemampuan Motorik Kasar , Metode Demostrasi Anak Usia Dini |